Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2020

Sentul – RumahMillennials.com | Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Penanggulangan Bencana 2020 pada tanggal 3-4 Februari 2020. Rakornas ini mengusung tema “Bencana Urusan Bersama”. Acara diselenggarakan di dua tempat, hari pertama dilaksanakan di  InaDRTG dan hari kedua di Sentul International Convention Center (SICC).

Rakornas Penanggulangan Bencana 2020 ini betujuan untuk mengajak semua pihak (pentahelix) untuk mendiskusikan tantangan dan solusi dalam penanggulangan bencana di Indonesia dan juga membangun komitmen kesadaran kolektif bahwa bencana adalah urusan bersama. Pada Rakornas ini, BNPB mengundang kepala daerah, kepala BPBD maupun kepala pelaksana BPBD seluruh Indonesia, serta unsur Pentahelix, yaitu pemerintah, akademisi, dunia usaha, masyarakat dan media massa, termasuk TNI/ Polri.

Presiden Joko Widodo membuka Rakornas dihadapan 10.000 peserta yang berasal dari berbagai unsur (Pentahelix). Dan dilanjutkan pemaparan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Bapak Jenderal Doni Monardo.

Berikut lima instruksi Presiden Joko Widodo dalam Rakornas Penanggulangan Bencana 2020:

  1. Seluruh Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah harus bersama – sama, bersinergi untuk upaya pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan.
  2. Setiap Gubernur, Bupati dan Walikota harus segera menyusun Rencana Kontijensi termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan.
  3. Penanggulangan bencana harus dilaksanakan dengan pendekatan kolaboratif yang ‘Pentahelix’ yaitu kolaborasi antara unsur pemerintah, akademisi dan peneliti, dunia usaha, masyarakat serta dukungan media massa.
  4. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah harus meningkatkan kepemimpinan dan pengembangan sumberdaya manusia yang handal dalam penanggulangan bencana.
  5. Panglima TNI dan Kapolri untuk turut serta dalam mendukung upaya penanggulangan bencana termasuk penegakan hukum.

Mari kita wujudkan sinergi penanggulangan bencana. KITA JAGA ALAM, ALAM JAGA KITA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *