Ulang Tahun Yang Pertama, Konekindonesia Gelar Pesta Inklusif

Jakarta – RumahMillennials.com | Dalam rangka memperingati satu tahunnya, Koneksi Indonesia Inklusif atau Konekindonesia menggelar acara bertemakan “Pesta Inklusif”. Bertempat di M Bloc Space, Pesta Inklusif ini dimulai pukul 10.00. Di pesta inklusif ini, kita bisa cek mata dan gigi gratis, juga ada stand preloved stuff dan souvenir.

Selain dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya, pesta inklusif juga diselenggarakan untuk menyambut hari disabilitas yang jatuh pada tanggal 3 Desember ini. Dalam sesi talkshownya, Pesta Inklusif menghadirkan berbagai narasumber dari berbagai kalangan, diantaranya: Vivi Yulaswati (Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, Bappenas), Antony Ginting (PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk Alfamart), Suhardi (Kasi PTK khusus, Kemnaker), Arizal (Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kemenpan-RB), dan dimoderatori oleh Tolhas Damanik (Wahana Inklusi Indonesia).

Talkshow ini membahas tentang isu disabilitas di Indonesia. Seperti yang diketahui, Indonesia sedang membangun lingkungan yang inklusif terhadap teman-teman disabilitas, terutama masalah pekerjaan. Untuk membangun ruang yang inklusif dalam pekerjaan, banyak banget nih elemen-elemen yang harus berkontribusi baik dari pemerintah maupun pihak swasta. Suhardi mengatakan, untuk menjamin lingkungan yang inklusif dan pekerjaan yang layak untuk disabilitas, Kemnaker akan fokus di daerah baik Provinsi, Kota, maupun Kabupaten.

Selain itu, dalam rangka mengakomodasikan teman-teman difabel, Antony mengatakan jika saat ini, Alfamart telah memiliki 412 karyawan disabilitas. Mereka memposisikan penyandang disabilitas sesuai dengan apa yang bisa dilakukan teman-teman luar biasa. Misalnya, teman-teman yang tuna wicara dan tuna rungu yang ditempatkan di bagian packing karena posisi tersebut memang masih bisa dikerjakan oleh teman-teman difabel. Selain itu, ternyata tingkat kefokusan mereka lebih daripada kita – kita yang normal. Antony mengungkapkan, teman-teman luar biasa yang tuna wicara dan tuna rungu engga berhenti bekerja kalau gak ditepuk. Wah keren banget ya teman-teman kita!

Nah, untuk mengakomodasikan teman-teman luar biasa dalam bekerja, Vivi mengatakan jika kita harus tahu, mau, mampu. Setelah mengetahui isunya lalu menyusun konsep dalam gerakan infklusif, barulah kita lampaui batas diri kita untuk bersama-sama mengakomodasikan teman-teman luar biasa agar tercipta ruang yang inklusif sehingga mereka mendapatkan haknya untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

Selain talkshow, di Pesta Inklusif ini juga terdapat banyak performance loh, sobat millennials! Yang bikin haru, mereka yang tampil di atas panggung adalah teman-teman luar biasa kita. Mereka adalah Gigi Art Dance Downsyndrome, Blindman Jack, Pelita Monas, Siswa SLB A, dan I’m Star Band.

Selain penampilan dari teman-teman luar biasa, Pesta Inklusif juga menghadirkan Yura Yunita dan Hasnna sebagai guest starnya, loh! Asik banget ya, sobat millennials! Yang pasti, kita sebagai generasi muda yang bijak harus mendukung penuh seluruh program baik dari pemerintah maupun pihak swasta untuk perubahan ruang yang inklusif di Indonesia. Agar kedepannya inklusifitas bukan hanya sekedar omong kosong, tapi juga aksi dari berbagai kalangan. Utamanya kitalah yang nantinya akan menjadi penentu kebijakan. Mak dari itu, kita harus bisa paham betul apa yang terjadi di Indonesia saat ini dan menyamakan persepsi dari berbagai kalangan agar semua dapat turut serta membangun Indonesia yang inklusif.

Dhea Sekar Arum

Community Development of Rumah Millennials & RM Regional Mahasiswi Ilmu Komunikasi yang tertarik dengan public speaking dan jurnalisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close