Arief Muhammad Berikan Tips Buat Mulai Jadi Content Creator

JAKARTA – RumahMillennials.com | Siapa disini yang udah jadi content creator? Atau, kepengen banget jadi content creator tapi bingung mau bikin konten apa? Atau yang udah buat konten, tapi masih kayak “duh malu nih, tar aku kalo dapet komen buruk dari netijen gimana?”

Tenang, tenang sobat millennials!

Arief Muhammad menjawab segala keresahan kamu itu dalam salah satu panel talkshow di acara Ideafest 2019, di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu 6 Oktober 2019. Bertajuk “Becoming a stylish content creator like Arief Muhammad! What’s The Secret?”, Arief memaparkan bagaimana menjadi content creator yang kamu banget dan suka-dukanya.

Yang disampaikan Arief sebenarnya masih berhubungan dengan topik Personal Branding di acara Siberkreasi Netizen Fair 2019. Buat yang belum baca, monggo dibaca dulu ya disini.

Setelah kamu mengetahui personal branding seperti apa yang kamu mau bangun di media sosial, tinggal kamu kemas se-kreatif mungkin dari hal yang paling simpel. Arief tidak menyarankan kamu harus punya kamera atau laptop super canggih, tapi cukup gunakan kamera smartphone untuk shooting video, terus edit videonya pakai apps atau install software video editing yang murah-meriah di laptop/PC.

Kemudian, kamu bisa mulai bikin video tentang apa yang kamu suka atau sesuatu yang kamu kuasai. Niatmu apa dalam membuat konten? Gak perlu ikut – ikutan tren, karena tren selalu berubah jadi bisa aja rame pas lagi viral atau nge-hype tapi turunnya bisa cepet banget. Kamu juga gak perlu mikirin apa komen orang – orang kalau kamu bikin suatu konten, fokus aja yang memang menjadi kapasitasmu. Mau bikin konten ngerap, review makanan, travel vlog, daily vlog, atau bikin video – video kontroversi juga gak masalah. Asal kamu bisa me-maintain kontenmu dan bertanggung jawab dengan apa yang kamu post.

 Memang, membuat video kontroversi seperti berantem sama DJ, atau ngelakuin hal – hal nyeleneh kayak foto di rel kereta api memang bikin cepet terkenal. Tapi, kalau kamu jadi populer karena kontroversi, maka kamu harus membuat kontroversi lainnya agar citramu tetap terjaga. Gak mungkin kan, kamu abis bikin video putus sama pacar sampai berantem – berantem dengan segala darama, besoknya kamu bikin video daily vlog soal dirimu dateng ke kajian agama dengan tampilan alim banget. Kalau mau alim ya alim sekalian, mau bandel ya bandel sekalian! Tentuiin kamu mau menampilkan dirimu yang seperti apa dalam setiap konten yang kamu bikin.

Arief juga menekankan saat ini watch time lebih penting daripada viewers. Watch time itu durasi orang – orang saat menonton videomu di YouTube, semakin tinggi watch time videomu maka netizen bisa dibilang nonton sampai habis. Sedangkan, views adalah jumlah orang yang menonton videomu tapi bukan berarti mereka nonton sampai habis. Bisa aja dia cuma nonton 1 – 2 menit terus pindah ke video lain. Berarti kontenmu tidak ditonton sampai habis. Jadi Arief menyarankan, perhatikan watch time videomu, karena itulah yang penting buat nentuiin apakah kontenmu diminati oleh netizen.

Gimana sobat millennials, jadi kamu mau bikin konten seperti apa?

Perlu kamu ingat, membuat konten di YouTube atau Instagram jangan dengan niat ingin jadi terkenal. Jadi terkenal itu imbas dari karya – karyamu yang disukai banyak netizen, bukan tujuan utama. Contohnya, saya sendiri juga content creator di YouTube, tujuan saya adalah melestarikan budaya Indonesia di YouTube dan mengajak netizen untuk mencintai serta melestarikan budaya Indonesia. Saya gak perlu terkenal, yang penting netizen yang nonton video saya teringat dirinya adalah orang Indonesia dan sadar bahwa betapa indahnya negeri kita.

Itu kalo saya, nah kalau kamu apa tujuanmu jadi content creator?

Artikel Sebelumnya
Mau Bangun Personal Branding Di Media Sosial? Perhatikan Dulu Hal – Hal Penting Ini!

Audi Rahmantio

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close