IYEV Camp 2019 : Berkemah Mengasah Jiwa Bisnis, Kepemimpinan dan Kerelawanan

“Bisnis itu ibarat anak. Fokuskan dirimu pada satu anak terlebih dahulu sampai ia sudah berkembang dan dapat mandiri, sebelum kamu ingin punya anak lagi.”

Demikian cuplikan kalimat dari salah satu sesi mentoring bisnis selama IYEV Camp 2019 yang menginspirasi para peserta untuk fokus terhadap satu bisnis terlebih dahulu sampai bisnis tersebut sudah berkembang pesat, sebelum menjalankan bisnis lainnya.

Sesi materi seputar bisnis yang diasuh oleh para pakar di bidangnya adalah sebagian keseruan dalam kegiatan IYEV Camp 2019 kali ini. Kegiatan ini telah terlaksana pada hari Sabtu hingga Senin, 24-26 Agustus 2019 bertempat di wisata Welo Asri, Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah.

IYEV Camp 2019 dengan tema “Be a Leader Be a Socio-preneur!” serta tag line “Share – Care – Impact!” merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Grow To Give Indonesia bersama World Merit Indonesia Local Chapter Semarang dan Mahasiswa Kalongan yang menggabungkan konsep berkemah dengan sesi materi seputar bisnis, pendekatan sosial dan pengembangan diri selama tiga hari dua malam. Tidak hanya melibatkan mahasiswa dari seluruh Indonesia, kegiatan ini juga turut mempertemukan mahasiswa dengan pemuda lokal Petungkriyono agar saling berdialog dan menginspirasi sehingga mampu menyusun aksi nyata dan kolaboratif dalam rangka memaknai hari pemuda internasional.

Sesi materi dalam I-YEV Camp didampingi oleh para mentor yang merupakan CEO dan Founder dari beragam bidang bisnis di Indonesia, diantaranya:
1. Bio Hadikesuma (Founder Jogja Business Lab, Konsultan Bisnis, CEO Lima Pilar Inspirasi, dan Aktivis Sosial)
2. Bezie Manggala (Founder Rakeyan dan Konsultan Bisnis)
3. Maulidan Isbar (CEO Kayuh Wooden Bike)
4. Anang Darmawan (CEO Marc Indonesia dan Apperentice Jogja Business Lab)
5. Mario Devan (Founder Dmaxx, Co-Founder Videon.id, Blogger, dan Digital Strategist), Emmy Surya (Founder Female-preneur Indonesia) dan tidak ketinggalan Founder Grow To Give Indonesia, Titik Rusmiati juga turut serta menjadi mentor dalam kegiatan ini.

Antusias para peserta I-YEV Camp 2019 sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dari banyaknya peserta yang menginginkan I-YEV Camp diadakan lagi ditahun depan. I-YEV Camp tahun ini telah membekali peserta dengan berbagai materi seputar bisnis dalam kurikulum pembelajaran yang tersusun secara komprehensif dan menyenangkan oleh penyelenggara kegiatan bersama pendampingan dari Jogja Business Lab, diantaranya materi tentang personal development yaitu mengenai hal-hal apa saja yang harus dibangun didalam diri kita karena pemenang tidak dilihat dari seberapa banyak pukulan yang dia dapat tetapi seberapa cepat dia bangkit dari pukulan yang dia dapat.

Disamping itu, juga telah disampaikan materi mengenai bagaimana merancang ide bisnis, strategi branding, marketing online, melek finansial, dan mengajarkan bagaimana memulai langkah berwirausaha bersama masyarakat lokal dengan harapan yakni mencetak jiwa leadership, dan membangun socio-preneur.

Tak hanya dibekali ilmu seputar bisnis saja, peserta juga diajak untuk menikmati keindahan dari Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono salah satunya yaitu melakukan ciblon atau
bermain air di Sungai Welo. Disamping itu para peserta disuguhkan berbagai macam sajian khas Petungkriyono, seperti nasi megono dan air nira.

Malam harinya, peserta melakukan kegiatan api unggun dan pentas seni yang merupakan penampilan kolaborasi antara mahasiswa dan pemuda lokal. Pentas seni menjadi semakin semarak dengan beragam baju adat daerah yang dikenakan masing-masing peserta. Tim Rebana Desa Petungkriyono juga turut memeriahkan acara pentas seni malam itu.

Acara ditutup dengan perayaan Hari Anak Muda Internasional berupa permainan di alam terbuka yang sangat seru dan kompetitif bernama “The Amazing Race of Petungkriyono”. Setelah kegiatan selesai, para peserta diantarkan ke Stasiun Pekalongan menggunakan pajero. Para panitia berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan inspirasi dan ide-ide baru bagi para peserta untuk menjalankan bisnis dengan strategi yang sudah diberikan oleh para mentor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close