5 Tips Membuat CV Kreatif Untuk Segala Kalangan Pekerja

JAKARTA – RumahMillennials.com | Membuat CV kreatif bukan hal mudah. Baik fresh graduate hingga individu berpengalaman, curriculum vitae perlu dikemas secara apik, menarik, namun tidak berlebihan. Tak pelak, ada beberapa tips yang mesti kamu ikuti agar tidak salah kaprah saat menggarap lampiran satu ini.

CV adalah elemen penting dalam melamar pekerjaan. Isi di dalamnya mencakup riwayat hidup seperti identitas diri, pengalaman kerja, serta kemampuan kita pada bidang-bidang tertentu. Tak lupa, selipkan portofolio atau hasil kreasi pada bidang pekerjaan di kantor sebelumnya.

Bisa dibilang bahwa CV adalah jalan pertama kamu menuju tahap seleksi yang lebih lanjut. Membuat CV kreatif misalnya, merupakan cara agar lampiran tersebut mampu menarik hati tim HRD perusahaan yang hendak dilamar. Simak tips membuat CV kreatif dari Canva sebagai berikut.

1. Perhatikan Elemen Desain

Contoh design CV kreatif

Berbicara soal membuat CV kreatif, tentu saja elemen desain tak bisa dipisahkan. Elemen-elemen tersebut meliputi font, warna, layout, dan sebagainya. Buat agar setiap hal tersebut dapat berpadu padan dan tidak terkesan mencolok mata karena terlalu kontras. Ya, ini sering terjadi!

Banyak dari kita ingin menciptakan CV yang hebat dan menakjubkan, namun malah berakhir terlalu berlebihan. Bagaimanapun, penampilan elegan dan minimalis banyak disukai oleh hampir seluruh kalangan. Mintalah saran dari orang terdekat yang profesional atau paham akan desain.

2. Memilih Kata yang Baik

Ilustrasi

Tak hanya mereka yang melamar kerja di bidang kepenulisan saja, namun HRD akan melihat bagaimana pemilihan kata Anda dalam setiap baris dalam CV kreatif. Faktanya pola penyusunan kata-kata yang baik, formal dan rapi adalah cerminan dari cara berpikir kita!

Perhatikan tanda baca saat menulis surat perkenalan. Ciptakan kalimat yang persuasif, mampu menggambarkan kepribadian dan kemampuan dalam bekerja, namun tidak berlebihan. Sekalipun CV kreatif sudah maksimal, ia tak akan sebanding jika kata-kata yang dipilih kurang baik.

3. Cantumkan Data Secara Lengkap

Contoh Kreatif CV

Tips membuat CV kreatif yang satu ini terdengar sederhana, namun acapkali terabaikan. Ya, kamu harus menyertakan nama dan kontak termasuk e-mail, nomor telepon, media sosial CV online, dan sebagainya. Semakin jelas, semakin HRD berpikir kalau kamu mudah dijangkau.

Lanjutkan dengan penjelasan singkat soal pengalaman kerja dan pendidikan. Riwayat kerja harus mencakup tanggal, jabatan, dan sinopsis singkat. Pendidikan juga bakal dilihat apakah sesuai dengan kerja, meski pengalaman bisa jadi lebih penting dan mendukung pada sejumlah kondisi.

4. Platform Desain Menentukan

Contoh Design CV Kreatif

Media untuk menerapkan cara membuat CV kreatif secara benar, harus dipilih dengan seksama. Carilah platform desain yang cocok untuk digunakan, misalnya Canva. Manfaatkan fitur-fitur penting khususnya template agar bisa serasi dengan keperluan lamaran kerjamu.

Pilihan lainnya seperti membuat CV kreatif secara manual, misalkan aplikasi seperti Adobe, tidak menjadi masalah selama bisa disusun secara rapi. Hindari mengirim CV dalam bentuk sederhana, misalnya hanya berupa teks yang dibuat lewat Microsoft Word.

5. Hindari Berbohong dalam CV!

Ilustrasi

Sebagus-bagusnya seorang pelamar berbohong, pasti akan ketahuan juga. Tim HRD biasanya telah menangani ribuan lamaran, sehingga telah terbiasa dari segi pemahaman data. Mereka bisa saja melacak dengan menghubungi kantor sebelumnya untuk memastikan data itu benar.

Berhasil lolos seleksi CV meski datanya palsu? Masih ada tahap lain yang dilakukan guna memastikan kemampuan kita. Tes tertulis dan wawancara misalnya, bakal mengkaji diri kamu lebih dalam untuk memastikan apakah itu selaras dengan keterangan dalam CV.

***

Itu tadi adalah 5 tips membuat CV kreatif yang harus diperhatikan untuk segala kalangan saat hendak melamar kerja. Pastikan untuk mengikuti kiat di atas agar lancar dan terus berlanjut hingga akhirnya lolos. Selamat mencoba! (canva)

About Canva:

Startup penyedia layanan platform desain online asal Australia pada tanggal 14 Juni 2017, yang didirikan oleh Melanie Perkins & Cliff Obrecht. Canva merupakan tool pengolahan grafis bagi media sosial, blog, slide presentasi, dan infografis yang mudah diakses oleh pemula. Kamu bisa membuat design dengan canva baik dari website canva.com, maupun mobile apps yang bisa kamu download di Play Store dan Apps Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *