Semakin ‘Panas’! Inilah Komitmen Pemerintah Dalam Membangun Indonesia

JAKARTA – RumahMillennias.com | Pembangunan Indonesia semakin ‘panas’ aja nih sob.

Kamu udah liat sendiri kan, dimana – mana ada banyak infrastruktur yang sedang dibangun misalnya jalan tol, pelabuhan, bandara, jalur kereta, dan bendungan. Beberapa sudah jadi seperti MRT Jakarta yang sudah bisa dinikmati oleh warga Jakarta, bandara Kulon Progo di Yogyakarta, serta bendungan – bendungan di berbagai desa.

Semua itu demi membangun Indonesia yang lebih bisa bersaing dalam perekonomian global. Dengan adanya infrastruktur, Indonesia akan saling terhubung satu sama lain yang diharapkan dapat memajukan perekonomian dan produktivitas di seluruh daerah. Namun, infrastruktur saja tidak cukup, butuh kualitas Sumber Daya Manusia yang mumpuni demi menciptakan ekonomi yang lebih maju.

Maka dari itu, Kementrian Badan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengadakan Indonesia Development Forum yang ketiga pada Senin 22 Juli 2019 sampai Selasa 23 Juli 2019 di Jakarta Convention Center dengan tema “Mission Possible: Memanfaatkan Peluang Pekerjaan Masa Depan Untuk Mendorong Pertumbuhan Inklusif”. Tagline dari acara IDF 2019 “Inspire, Imagine, Innovate, Initiate” yang juga menjadi focus dalam setiap forum diskusi di panel – panel yang ada.

Faktanya saat ini, daya saing SDM Indonesia masih di peringkat 65 dari 130 negara, lebih rendah dibandingkan negara – negara tetangga seperti Malaysia (33), Thailand (40), Filipina (40) dan Vietnam (64). Lalu sector manufaktur belum menjadi penggerak utama lapangan kerja, dan rata – rata partisipasi tenaga perempuan sebesar 50%, sedangkan penyandang disabilitas sulit mengakses lapangan kerja formal.

Menteri Bappenas Prof. Bambang P.S. Brodjonegoro

Merespon tantangan tersebut, pemerintah terus mengupayakan lapangan pekerjaan dan kesempatan lebih inklusif, adaptif, dan inofatif. Maka dari itu, IDF 2019 untuk pertama kalinya membangun sebuah konsep Inclusive Digital Economy Accelerator Space atau IDEAS, dimana ratusan startup, incubator, akselerator, dan investor akan saling bertemu untuk bertukar ide, saran, dan saling berkolaborasi demi pembangunan Indonesia. Itulah yang diharapkan Bambang melalui acara IDF 2019 ini, agar menjadi wadah bagi para pemangku kepentingan untuk menguatkan semangat kolaborasi.

Sejalan dengan Bambang, Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla juga menegaskan dalam sambutannya di opening ceremony, bahwa pemerintah ingin mendengar ide – ide dan solusi dari berbagai lapisan masyarakat dalam IDF ini. Saat ini, Indonesia berupaya untuk menerapkan Sustainable Development Governance (SDG) yang merupakan program bersama dari hasil pertemuan World Economic Forum. SDG berhubungan sekali dengan kemajuan teknologi, yang semakin hari semakin canggih, bahkan dalam hitungan hari ada saja disrupsi yang datang dari teknologi.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla

Namun, kemajuan teknologi harus dibarengi oleh kemajuan kualitas Sumber Daya Manusia, karena pada akhirnya bangsa yang produktif akan menghasilkan kemajuan pesat suatu negara. Maka dari itu, JK berharap melalui IDF 2019, menjadi wadah untuk menampung ide, dan menguatkan semangat kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat.

Sobat millennials, kini saat kita sebagai generasi penerus bangsa mengambil peran dalam pembangunan Indonesia. Millennial dan gen Z adalah asset Indonesia, yang akan menjadi penentu kemana arah bangsa ini nantinya. Sekarang bukan saatnya lagi duduk – duduk santai dan buang – buang waktu seperti ngepoin mantan, nyinyirin orang, dan berperilaku konsumtif. Genrasi muda harus menjadi generasi produktif dengan menciptakan trobosan baru dalam produk – produk kreatif, dan menyiapkan diri untuk mengambil alih tongkat kepemimpinan bangsa nantinya.

Jadi, kamu mau ambil peran apa dalam pembangunan Indonesia?

Audi Rahmantio

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close