JAKARTA – RumahMillennials.com | Wanita dan finansial adalah dua hal yang saat ini menjadi trending topik di kalangan milenial. Seperti yang kita ketahui, di era 4.0 ini, banyak sekali wanita yang menduduki peran-peran penting terutama dalam bidang entrepreneur.

Moneysmart bersama Womenpedia mengguncang para wanita millennial melalui acara yang dipersembahkannya. Diskusi panel bertemakan “Be A; Fe-Money-ist” yang diselenggarakan pada Sabtu, 25 Mei 2019 di Apiary Co-Working Space ini, sukses lho menarik perhatian banyak wanita, khususnya para agent of change.

Tak tanggung-tanggung, diskusi panel ini menghadirkan delapan narasumber sekaligus yang sudah berpengalaman dalam bidang entrepreneur.

Narasumber tersebut di antaranya: Nita Yudi (Ketua Umum IWAPI), Metta Anggriani (Financial Planner), Priscilla Pangemanan (Founder SASC), Charina Prinandita (Co-Founder Eatlah), Listya Magdalena a.k.a Paopao (Director Last Day Production), Lizzie Parra (CEO & Founder BLP Beauty), Nilam Sari (CEO Kebab Baba Rafi), dan Ayu Zulia (founder What’s Up Cafe).

Dimulai pukul 15.00 WIB, acara ini dibuka oleh Ibu Nita Yudi, ketua umum IWAPI. Ibu Nita menjelaskan bahwa, IWAPI adalah organisasi yang dikhususkan untuk wanita pengusaha di Indonesia. Sebagaimana misi IWAPI yaitu, memberdayakan dan memperkuat perempuan di UKM dan meningkatkan kemampuan anggota untuk mendapatkan akses ke teknologi baru, pemasaran, dan keuangan.

Ada 4 cara yang ditempuh IWAPI untuk mengembangkan sumber daya manusia yaitu, pelatihan, seminar, workshop, dan talkshow. IWAPI juga membuka dan mengembangkan jaringan pemasaran untuk bisnis anggotanya melalui 3 cara yaitu mengorganisir bazaar/pameran, mengorganisir jaringan/kolaborasi global, dan mengatur pemasaran digital.

Kemudian, materi dilanjutkan oleh Ibu Metta Anggriani. Sebagai seorang financial planner, Ibu Metta menjelaskan tentang cara mengelola finansial dari sisi anak muda, ibu rumah tangga, wanita karir, hingga sociopreneur. Selain itu, Ibu Metta juga memberi statement yang sangat menginspirasi. Menurutnya, perempuan itu adalah makhluk yang sangat tidak egois.

Kalaupun dia mempunyai uang dan uang itu habis, uang itu tidak hanya habis untuk dirinya sendiri, melainkan untuk orang-orang terdekatnya seperti keluarga. Tak cukup di situ, Ibu Metta juga mengingatkan bahwa kita harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Materi ketiga, disampaikan oleh Priscilla Pangemanan lalu dilanjutkan oleh Lizzie Parra. Sebagai founder dan CEO brand kosmetik yang digilai oleh para kaum milenial wanita, Kak Priscilla dan Kak Lizzie menyampaikan sejarah terbentuknya SASC dan BLP Beauty, step-step dalam memulai suatu usaha, dan personal branding.

            Selanjutnya, sebagai director suatu production house, Listya Magdalena atau kerap dipanggil Paopao juga menjelaskan tentang sejarah berdirinya Last Day Production hingga sekarang. Tak hanya itu, Paopao juga memberikan tips mengatur penghasilan kepada para peserta.

            Setelah sesi materi, acara dilanjutkan dengan talkshow bersama Nilam Sari, Ayu Zulia, Charina Prinandita, dan Marsya Gusman sebagai moderator. Sebagai seorang entrepreneur yang bergerak di bidang makanan, Ibu Nilam, Ayu, dan Charina menjelaskan pula tentang sejarah berdirinya Kebab Baba Rafi, What’s Up Cafe, dan Eatlah.

Setelah itu, acara diselingi dengan buka bersama dan dilanjutkan kembali dengan sesi tanya jawab bersama ketiga narasumber. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang kuis Instagram terbaik dan berakhir pukul 18.30 WIB.

Nah, sobat millennials juga bisa lho menjadi seperti narasumber-narasumber kece di atas. Memulai bisnis dengan strategi personal branding adalah salah satu jalan yang bisa ditempuh untuk memulai bisnis kecil-kecilan sobat millennials. Jangan lupa, untuk kasih sesuatu yang anti-mainstream alias unik pada brand yang sobat buat, agar bisa menarik perhatian calon costumer.

            Dalam memulai suatu usaha, jatuh bangun sudah menjadi santapan. Kuncinya hanyalah kesabaran dan percaya kepada diri kita sendiri. Kita harus yakin bahwa, apa yang kita lakukan hari ini pasti akan berbuah manis di keesokan hari.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *