Rumah Millennials Goes To Sumedang

SUMEDANG – RumahMillennials.com | Hi Sobat Millennials, Akhir bulan lalu Rumah Millennials melalui ketua bidang pemberdayaan minat dan bakat pemuda, Kak Yudha Adyaksa berkesempatan hadir di Sumedang, Jawa Barat. Di Acara ESA (Education Skill Action) yang diselenggarakan oleh Ambalan Kujang Pamungkas-Dyah Pitaloka SMA Negeri Situraja Kak Yudha berbagi tentang Personal Branding Digital.

Kolaborasi Rumah Millennials dengan SMA Negeri Situraja terwujud karena salah satu anggota RMCN (Rumah Millennials Campus Network) Kak Ringga yang menginformasikan, dengan segala ikhtiar akhirnya Rumah Millennials dapat berbagi disana.

ESA yang perdana ini mengambil topik Seminar Media dan Jurnalistik dengan tema “Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita”. Dengan konsep seminar dan dihadiri para praktisi menjadi pendekatan yang baru dan perdana di Situraja, Sumedang. Biasanya, di daerah Situraja ini rutinitasnya lomba namun gebrakan SMA Negeri Situraja membuka wawasan baru buat sobat Millennials disana.

Pesertanya adalah dari SMA/K se-Sumedang dan serunya lagi Sekretaris Daerah Sumedang hadir membuka acara tersebut. Singkat cerita beliau juga alumni dari SMA Negeri Situraja.

Lalu pemateri pertama hadir dari ICT Watch Bapak Acep berbagi tentang penting internet sehat lalu dilanjutkan dengan bapak Fatah dari Telkomsel Jawa Barat berbicara tentang Media Digital. Kak Yudha Adyaksa sebagai pemateri ketiga berbagi tentang personal branding dan diakhiri dengan sesi berbagi dari media Sumedang Ekspres & TI News.

Kak Yudha Adyaksa, selaku Ketua Pemberdayaan Minat dan Bakat pemuda menekankan pentingnya personal branding digital. Kak Yudha memberikan contoh melalui video cerita seorang mahasiswa yang mendapatkan kesempatan ke Amerika namun gagal ketika tim seleksi mengecek media sosialnya karena beberapa kontennya yang negatif dan mengandung kekerasan.

Kemudian para peserta diajak untuk membuat persona di media sosial serta teknis pembuatan konten. Hal ini dirasa kak Yudha penting karena kebanyakan seminar hanya fokus pada sisi berbagi namun tidak diberikan contoh konkrit serta teknis sehingga para peserta pulang dari seminar bisa langsung praktek. Akhir sesi kak Yudha menyampaikan Kutipan dari Bapak Pandu Dunia, Boden Powell pada tahun 1939. Bahwa anak muda melalui pendidikan karakter dipersiapkan waras di kehidupan yang tidak waras.

Rumah Millennials memilki harapan dengan banyaknya kolaborasi dapat meningkatkan daya dari para sobat millennials sehingga bisa membuat karya yang bermanfaat serta bermakna bagi sekitarnya. Jika ada yang ingin berkolaborasi atau tanya-tanya bisa kirim ke social media kami. Salam Berdaya, Berkarya dan Bermakna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *