Meet The Siblings: Bagi Calon Geologist Muda Ini, Lapangan & Networking Itu Seru! (Elvin Sujatmiko)

JAKARTA – RumahMillennials.com | Masa perkuliahan menjadi waktu yang sangat tepat untuk maksimalkan potensi diri. Itulah yang dilakukan oleh salah satu anggota sibling Rumah Millennials. Kerap disapa Elvin, pria dengan nama lengkap Elvin Sujatmiko ini sangat aktif di dalam dan luar kampusnya. Menurutnya kalau hanya di dalam kampus aja dunia terlalu sempit.

Pria pemalu ini perlahan menyadari betapa pentingnya koneksi, lalu ia berpikir kalau terus terusan menjadi malu, gimana bisa enjoy berinteraksi dengan orang baru? Sampai ahirnya ia mulai bergabung ke berbagai organisasi di kampusnya dan menjadi anggota aktif Rumah Millennials.

Oh iya sobat millennial, rasanya belum lengkap kalau kita belum mengenal siapa sih sosok Elvin. So, Elvin merupakan laki – laki kelahiran Probolinggo 6 Maret 1998, tumbuh di lingkungan yang sebagian besar bukan berorientasikan pendidikan, tidak membuat anak terakhir dari tiga bersaudara ini ikut seperti mayoritas tetangganya yang lebih memilih untuk langsung bekerja setelah lulus SMA dan tidak melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan.

Menurut Elvin ilmu sangatlah precious, karena uang tidak dapat dibandingkan dengan berharganya sebuah ilmu. Cita – citanya untuk bekerja di bidang pertambangan membawa Elvin sampai pada pendidikanya di bidang geologi.

Ilmu Geologi yang memiliki keterkaitan erat dengan batuan ini, mengharuskan Elvin untuk banyak menghabiskan waktu di lapangan. Walaupun begitu, ia terus berusaha untuk menyeimbangkan pembagian waktunya, dari berorganisasi di kampus, luar kampus, aktif di kelas, dan aktif sebagai asisten laboratorium Geologi.

Keaktifan Elvin dalam kampus dibuktikan dengan jabatanya sebagai Presiden Seksi Mahasiswa Ikatan Ahli Geologi Indonesia Universitas Pertamina. Selain itu, ia juga aktif sebagai Ketua UKM Riset dan Karya Ilmiah Universitas Pertamina 2017/2018.

Tidak sampai disitu, kesibukan lainya yang ditekuni Elvin adalah tergabungnya ia sebagai Staff Pengembangan Karakter Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (MHTG) Mahandraga Universitas Pertamina 2017/2018.

Ditambah lagi, Dia juga menjabat sebagai Asisten Laboratorium Paleontologi program Studi Teknik Geologi UP dan Laboratorium Photography di IYKRA. Dengan segudang aktivitas yang ia jalani, pantang baginya untuk mengerjakan tugas dengan cara menyontek.

Tidak munafik, biasanya mahasiswa yang memiliki kegiatan setumpuk, kerap tidak memiliki waktu untuk mengerjakan tugas – tugas kuliah apalagi laporan penelitian yang harus ditulis tangan. Tapi menurut Elvin “lebih baik mendapatkan nilai tidak seberapa daripada harus menyontek, pertanggung jawabanya besar”.

Pertama kali Elvin gabung di Rumah Millennials berawal dari pertemuanya dengan Founder Rumah Millennials, Taufan Akbari, saat menghadiri acara bedah buku di Perpustakaan Universitas Pertamina. Dengan percaya diri, ia beranikan bertanya kepada Sir Taufan cara untuk bergabung di Organisasi kepemudaan ini dan sekarang sudah satu tahun Elvin bergabung sebagai anggota RMCN (Rumah Millenial Campus Network).

Banyak sekali pelajaran yang ia dapatkan, dari cara berhubungan dengan orang baru yang memiliki pola pikir dan latar belakang jauh berbeda denganya. Kemudian proses pembuatan acara secara detail seperti menghubungi bintang tamu hingga betapa pentingnya floor director pada suatu acara, dimana hal tersebut tidak ia dapatkan di dalam dunia kampus.

Bermodalkan tekad dan sikap “SKSD” itulah yang menjadikan Elvin orang yang sangat mudah membaur dalam sebuah percakapan dan lingkungan baru. Menurutnya, jangan hanya berdiam diri dan berharap orang lain akan mengenal kita, tapi kita yang harus bergerak, ajak bicara, kenali bagaimana orangnya maka kita akan dikenal oleh banyak orang.

Calon Geologist ini telah membuktikan, pentingnya membangun relasi, di dalam maupun di luar kampus. Dimanapun kita berada, bagunlah relasi seluas – luasnya, karena kalau dulu ada isilah banyak anak banyak rezeki, kini pepatah itu digantikan dengan “banyak relasi banyak rejeki”. So sekarang giliran sobat millenials untuk buktiin betapa pentingnya membangun relasi, kalo bukan sekarang kapan lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *