Podcast Menjadi Digital Marketing Trends 2019

JAKARTA – RumahMillennials.com | Sebagai generasi millennials kita harus terbiasa dengan segala perubahan. Karena kita berada dalam masa dimana perkembangan sangat cepat sekali. Dari perubahan handphone berponi sekarang bergerak ke handphone memiliki tompel. Dari yang dulu Path menjadi primadona dan tahun lalu harus keluar dari persaingan media sosial yang ada. Cepat sekali kan? Nah dalam penelitian Falcon.IO tentang Digital Marketing Trends 2019, PODCAST diprediksi akan booming di tahun ini. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Diambil dari Official Website Apple, PODCAST adalah episode program yang tersedia di internet. PODCAST biasanya merupakan rekaman asli audio atau video, tetapi bisa juga rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, pertunjukkan atau acara lain. Bagi pendengar podcast, podcast adalah sebuah cara untuk menikmati konten menarik dari seluruh dunia secara gratis.

Bagi penerbit podcast, podcast adalah cara yang sangat efektif untuk menjangkau banyak pendengar. Dari penelitian Falcon.IO tentang Marketing Trends 2019, 44% orang amerika sekarang mendengarkan setidaknya satu PODCAST. Rata-rata pendengar sekarang di AS mengkonsumsi lebih dari 6,5 jam podcast dalam seminggu.

Perusahaan-perusahaan besar seperti Tinder, Microsoft bahkan McDonalds menjadi pionir perusahaan yang bergerak di Podcast dan menuai hasil. Mereka fokus ke konten yang menghibur atau memberi tahu khalayak sesuatu yang terkait dengan industrinya. Jadi mengapa PODCAST diprediksi booming oleh Falcon.IO di dunia Digital Marketing?

Karena PODCAST memberikan sebuah suasana yang sangat dekat seperti layaknya sebuah teman yang sedang mengobrol di warung kopi. Para pendengar langsung bisa memilih topik mana yang ia sukai dan ia ingin dengar. Bahkan bukan hanya topik tapi bisa memilih sesuai idola kita. Itu adalah sebagian besar mengapa jumlah pendengar PODCAST secara konsisten tumbuh lebih dari 10% per tahun sejak 2013.

Pengiklan telah memperhatikan tren ini, dan setiap tahun pendapatan iklan podcast diperkirakan akan berlipat ganda menjadi $ 659 juta pada tahun 2020. Untuk pemasar, topik yang sangat fokus dari sebagian besar podcast berarti audiens pada dasarnya mengelompokkan diri sesuai perhatiannya.

Anggap mereka sebagai pembuat PODCAST memiliki fanbase yang setia. Sangat mudah untuk melihat mengapa PODCAST, baik bermerek maupun tidak, ditetapkan untuk menjadi salah satu pemasaran terpanas tren tahun 2019. Jadi? Tidak mau kan ketinggalan jaman, yuk buat PODCAST dan kita kepung konten negatif dengan memperbanyak konten positif dan saling menguatkan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *