Survey Liburan Akhir Tahun Rumah Millennials

JAKARTA – RumahMillennials.com | Halo, sobat millennials! Seminggu yang lalu, tim jurnalis Rumah Millennials mengadakan survey lho tentang liburan akhir tahun. Tujuannya, kita ingin mengetahui kecenderungan para pemuda khususnya millennial dalam mengisi liburan.

Kami mendapatkan responden sebanyak 109 orang yang terdiri dari perempuan sebanyak 67 orang dan 42 adalah laki-laki. Dalam survey kami, paling banyak berumur 20 tahun, kemudian 19 tahun dan 21 tahun dan lebih dari 56% responden merupakan mahasiswa, sedangkan 20% adalah pekerja serta sisanya ada yang masih bersekolah dan membangun bisnis mereka sendiri.

Sebagai catatan, kami membuat pertanyaan yang bersifat pilihan sehingga responden bebas memilih sesuai kemauan mereka dan akan ada jumlah tanggapan yang tidak sesuai dengan jumlah responden.

            Dalam survey yang kami lakukan, mayoritas responden memilih berkumpul bersama keluarga. Hal ini ditunjukkan bahwa pilihan kumpul bersama keluarga menyentuh angka 63,3%, sisanya beberapa responden memilih travelling sebagai aktivitas liburan mereka dengan menyumbang 32,3% respon.

Angka ini menunjukkan bahwa kebersamaan keluarga merupakan prioritas bagi para responden selama liburan akhir tahun ini.

Namun, jika disuruh travelling, hampir sebagian besar dari responden ingin berkeliling Indonesia. Opsi ini menjadi primadona dengan menyentuh angka 91,7% dari total responden yang terlibat.

Sisanya seperti yang terlihat, 13,8% memilih pergi ke luar negeri. Satu hal yang dapat disimpulkan dari grafik ini adalah bahwa Indonesia menyimpan banyak tempat wisata atau potensi lainnya yang bisa dijelejahi.

Dalam hal tujuan liburan, mayoritas responden menginginkan pegunungan sebagai tujuan utama berwisata denga persentase 58,7%. Disusul pantai sebesar 42,2% dan kota metropolitan sebanyak 29,4%.

Kami menyimpulkan bahwa mereka menginginkan suasana yang aman, nyaman, dan sejuk serta jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, sehingga pegunungan dan pantai menjadi pilihan favorit responden.

Kemudian, soal biaya perjalanan, kami mendapatkan jawaban yang bervariasi dan tidak ada pilihan yang mendominasi satu sama lain. Berdasarkan hasil survey, biaya antara 500.000-1.000.000 menjadi opsi yang paling banyak dipilih dengan persentase 43,5%.

Tetapi, jarak antara opsi ini dengan pilihan budget <500.000 dan 1.000.000-5.000.000 tidak terlalu jauh. Dua pilihan ini masing-masing mendapatkan persentase 27,8% dan 22,2% dari total responden. Sisanya adalah pilihan dengan budget yang dapat dikatakan tinggi.

Dan pilihan dengan siapa responden ingin berlibur, opsi bersama teman dan keluarga menjadi dua pilihan teratas dengan persentase 71,6% dan 52,3%. Pilihan bersama pasangan dan solo travelling kurang begitu popular. Selain itu, responden lebih suka berpergian berkelompok supaya suasana kebersamaannya dapat. Hal ini yang membuat pilihan solo travelling kurang begitu popular.

Hiruk-pikuk serta kegiatan yang dijalani membuat kita kurang memiliki waktu bersama baik itu keluarga maupun kerabat dekat. Liburan dipercaya sebagai obat rindu untuk bercengkrama ataupun mendapatkan quality time dengan orang yang disayangi.

Setidaknya, itulah kesimpulan yang didapatkan dari hasil survey ini. Semua responden menginginkan refreshing dari kesibukan mereka, namun dengan caranya masing-masing.

Ada dua cara dominan yang dilakukan responden, yaitu kumpul bersama keluarga dan travelling. Akan tetapi, jika melakukan travelling, responden setidaknya memiliki empat kriteria utama dalam berpergian; aksesbilitas, affordable, belum pernah dikunjungi, dan ANS (Aman, Nyaman, Sejuk).

Khususnya dalam segi biaya, mayoritas biaya yang dikeluarkan ≥500.000 sampai dengan 1.000.000. Dalam memilih dengan siapa responden berlibur, sebanyak 78 responden memilih bersama teman. Dilansir dari situs Tripzilla, berpergian bersama teman jauh lebih menyenangkan karena bisa foto bersama, tersesat bersama dan mengatur rencana liburan serta keuangan secara kolektif.

Sedangkan, setidaknya 57 responden memilih opsi berlibur bersama keluarga.  Bersama kedua orang tua, adik maupun kakak menjadi penting bagi mereka. Ada survey menarik tentang jalan bersama keluarga. Survey dari Family Travel Trends 2018 mengatakan 54 persen orang Indonesia bahkan mengajak anggota keluarga besar mereka seperti saudara, sepupu, paman, dan bibi ketika berlibur.

Source: travel.tempo.co & tripzilla.id

Siblings Rumah Millennials

Saya adalah mahasiswa tingkat akhir jurusan Hubungan Internasional Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Bidang yang saya minati adalah Politik, Keamanan, Hubungan Internasional, Filsafat, Agama, Lingkungan, Pendidikan dan Pengembangan kepemudaan. Memiliki passion dalam menulis artikel dan membaca buku. Beberapa bulan lalu bergabung di Rumah Millennials dan menjadi Kepala Bidang Riset dan Pengembangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *