[BUKU] Ini Cara Gue: 6 Pilar Buat Bikin Profesi yang Gue Banget

RumahMillennials.com | Kerja Sesuai Passion ? Kenapa Nggak ? Perkembangan dunia semakin pesat, selalu ada profesi baru yang lahir ke dunia. Masa sih sudah begini masih nggak ada profesi yang sesuai dengan passion kita? Dalam buku “Ini Cara Gue : 6 Pilar Buat Bikin Profesi yang Gue Banget” karya Dedy Dahlan kita disajikan konsep dan gagasan out of the box dalam dunia profesi. Profesi yang tentunya dapat memberikan nilai dan makna dalam hidup dengan dimulai dari mindsetyang ditanamkan dalam pikiran kita. Ada Tiga hal yang perlu ditanamkan dalam mindset:

  1. Seorang Passionpreneur adalah sosok positif yang mengembangkan profesi yang memberi makna dan membuathidup lebih baik,
  2. Sebuah profesi yang ideal harus memiliki manfaat untuk orang lain atau lingkungannya selain untuk diri sendiri.
  3. Dengan menemukan nilai yang bisa kita berikan untuk meningkatkan kehidupan orang lain, kita akan menemukan wujud profesi terbaik kita.
Cover Buku

So,apa yang bisa sobat millennials berikan untuk meningkatkan atau memudahkan kehidupan orang lain?

Sebelumnya, kita perlu tahu bagaimana caranya ya untuk menemukan profesi yang kita banget? Dedy Dahlan memiliki metode Passion Coaching yang bernama P.I.P.O ( Passion, Identify, Payouts).

Kunci dalam rumus ini adalah memastikan keseimbangan dalam ketiga hal.
Tanpa Passion [ P ], profesi itu tidak akanmembuat kamu bahagia
Tanpa Identity [ I ], profesi itu tidak akan membuat kamu banyak berkembang.
Tanpa Payouts [ PO ], profesi itu tidak bisa disebut Profesi.

Salah satu contohnya adalah pendiri Khan Academy, Salman Khan. Ia memiliki passion dibidang pendidikan dan memiliki skill mengajar. Dengan keahliannya mengajar dan banyak yang memintanya untuk diajarkan, akhirnya pada bulan September 2006 ia memulai situs pelajarannya yang ia sebut Khan Academy dengan video-video yang disimpan di akun Youtubenya.

Sekarang, Khan Academy membuat ribuan video pelajaran dan soal latihan yang dapat diakses secara gratis. Dengan kerja keras dan dedikasi, Khan dianugerahi penghargaan Heinz 2014 yang membuatnya mendapatkan dana dari Bill 7 Marinda Gates Foundation, Ann and John Doerr, Lemann Foundation dan Google! Begitulah carakita menciptakan suatu profesi yang BARU!

[ P ] Pendidikan
[ I ] Menagajar
[ PO ] Compter Science, Non Profit – Social Funding  

Setelahkita tahu konsep P.I.P.O, coach Deddy memaparkan enam pilar profesi yang menjadi acuan untuk menemukan pekerjaan yang “gue banget”.

6 Pillars of Proffesion

Pilar 1: Aktivitas Utama
Aktivitas Utama dalam suatu profesi adalah aktivitas yang menghasilkan uang dari profesi itu dan akan kita lakukan sebagai rutinitas harian. Kita perlu mengetahui sumber daya yang ada di tangan kita untuk menetukan kemampuan dan efektivitas dalam melaksakan aktivitas utama itu.

Pilar 2: Aktivitas Pendukung
Ciriaktivitas pendukung adalah membuka jalan untuk aktivitas utama, memudahkan konsumen bertransaksidi aktivitas utama dan lebih bersifat investasi yang akan berbuah diaktivitas utama. Tanpa aktivitas utama, aktivitas pendukung tidak akan menghasilkan pendapatan. Tetapi tanpa aktivitas pendukung, aktivitas utama sulit berkembang.

Profesi Aktivitas Utama Aktivitas Pendukung
Dokter Praktik,
Rumah sakit
Membuat riset, menulis,
spesialisasi, simposium

Pilar 3: Wujud Produk
Apa yang sebenarnya kamu jual? Produk bukan hanya soal benda, bahkan juga nggak terbatas dalam soal jasa. Dorong seluas mungkin kreativitas kita dalam bikin ‘produk’

Pilar 4: Pemakai
Siapa yang akan menggunakan produk jasa kamu? Target pemakai yang tajam memudahkan kita mengembangkan jasa kita dan membuat kesan yang lebih kredibel!

Pilar 5: Solusi dan Benefit
Kembangkan ide produk bedasarkan tiga hal berikut :

  1. Sesuatu yang akan menyelesaikan masalah yang ada.
  2. Sesuatu yang meningkatkan soljusi yang sudah ada.
  3. Sesuatu yang akan meningkatkan kualitas hidup.

Pilar 6: Lokasi Pasar
Maksud pasar disini adalah

  1. ‘Tempat’ berkumpulnya calon pemakai kamu’
  2. ‘Tempat’ kamu mengumpulkan calonpemakai
  3. ‘Tempat’ terjadinya transaksi

Jadi, pasar dan produk tidak selalu semuanya serba fisik yang dapat membatasi kamu.

So, dari buku karya Dedy Dahlan, nggak ada alasan untuk nggak mengembangkan profesi yang sesuai diri kita banget nih sobat Millennials! Yang terpenting adalah konsisten dan terus berusaha untuk mencapai profesi yang kita inginkan. (annisa)

Daftar Isi
Cover Belakang Buku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *