Role of Media & Stereotype – Festival Komunikasi (FESKOM) 1.0

Role of Media & Stereotype – Festival Komunikasi (FESKOM) 1.0

JAKARTA – RumahMillennials.com | Rumah Millennials Campus Network (RMCN) bekolaborasi dengan Universitas Persada Indonesia YAI mengadakan acara ruang diskusi, workshop serta hiburan yang bernama festival komunikasi (FESKOM) 1.0  dengan bahasan yang sangat menarik dan mengajak anak muda Indonesia untuk membantu  Indonesia lebih baik.

Rumah Millennials Campus Network (RMCN) adalah bagian dari program Rumah Millennials yang difokuskan kepada Kampus dan Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk membantu generasi muda dalam berjejaring dan bertukar info serta sharing tentang berbagai hal, khususnya yang mengarah pada pemberdayaan positif pemuda/ millennials di Indonesia.

Media memainkan peran besar dalam menciptakan norma sosial, karena berbagai bentuk media, termasuk iklan, televisi, dan film, hadir hampir di mana-mana dalam budaya saat ini. Media memiliki peran yang sangat signifikan dalam mempengaruhi Massa nya, karena penguna media lebih percaya dengan apa yang mereka dengar dan lihat

Stereotip adalah suatu karakteristik yang dipaksakan pada kelompok orang karena ras,kewarganegaraan, dan orientasi seksual mereka. Tapi karakteristik ini cenderung terlalu menyepelekan kelompok yang terlibat. Bahkan stereotip yang diterapkan pada kelompok ras menjadi tidak konsisten ketika anggota kelompok tersebut dipecah berdasarkan asal negara.

Tujuan utamanya media massa adalah universal dan cocok untuk semua orang, untuk mengumpulkan khalayak seluas mungkin. Jadi televisi, yang bertanggung jawab untuk menyediakan wacana sosial utama, seharusnya menjadi “cermin masyarakat”. Namun, karena cara stereotip untuk menjelaskan kenyataan, beberapa kelompok kurang terwakili atau diabaikan, dan oleh karena itu citra masyarakat tidak lengkap ( tidak digambarkan secara realistis-nya) Misalnya, cara peran pria dan wanita disajikan dalam iklan mencerminkan konsep tradisional tentang gender, di mana wanita didominasi laki-laki (Pawlica, Widawska 2001). Meskipun orang menyadari bahaya yang ditimbulkan oleh pemahaman tersebut, mereka cenderung bersikap konformis dan lebih suka beralih ke pola dominan daripada menentangnya dan mengambil risiko penerimaan negatif dari perilaku semacam itu dari yang lain.

Untuk menjawab hal-hal tersebut Rumah Millennials dan Universitas Persada Indonesia YAI Fakultas Ilmu Komunikasi bermaksud mengadakan kegiatan diskusi public, workshop dan ditutup dengan hiburan  yang akan diselenggarakan pada Hari Sabtu, 29 September 2018 di Universitas Persada Indonesia YAI Fakultas Psikolog Lt.10 (Jl. Pangeran Diponegoro No.74, RT.2/RW.6, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10430, pukul 13:00 – 21:00 WIB.

Dalam acara tersebut akan menghadirkan para speakers yang hebat seperti :

  1. Sylvia Skolastika (News Anchor Liputan 6)
  2. Eko Frima (Senior Journalist)

 Acara kolaborasi Rumah Millennials dan Universitas Persada Indonesia YAI Fakultas Ilmu Komunikasi ini adalah pertama kali bagi program RMCN sehingga harapannya adalah dapat  membawa semangat berkontribusi untuk berkarya antar millennials di Indonesia serta memberikan inspirasi kepada generasi millennials Indonesia untuk berkontribusi demi kemajuan Indonesia.

Selain itu acara kolaborasi perdana ini adalah langkah awal dari program Rumah Millennials Campus Network dalam melaksanakan program pada tahun 2019 yang akan mengadakan event kolaborasi dengan masing masing kampus dari para anggota yang tergabung didalam program Rumah Millennials Campus Network (RMCN).

Rumah Millennials akan terus menghadirkan event serupa dengan mengangkat isu-isu menarik dan menyentuh ‘dunia’ generasi millennials. Dengan konsep panel discussion, mind session, and networking, diharapkan event seperti ini dapat memfasilitasi millennials untuk saling belajar, berjejaring, berbagi cerita, karya, inspirasi, dan saling membuka peluang untuk bekerjasama, bersinergi serta gotong royong lintas karya dan bidang dengan millennials inspiratif lainnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by 🇮🇩Rumah Millennials 🇮🇩 (@rumah.millennials) on

Edu. Board Games Designer

Founder Demeira Nusantara
(Board Games Studio)
www.demeira.com
Follow @DemeiraPlay (IG/FB/Tw)

Inisiator Replay Indonesia
(SDGs Board Games Movement)
www.ReplayID.com
Follow @ReplayID (IG/FB/Tw)

Team Hore Redaksi RumahMillennials.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *