7 Tips Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas Kerja

7 Tips Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas Kerja

RumahMillennials.com | Salah satu rahasia keberhasilan orang dalam bekerja adalah bagaimana ia mampu meningkatkan kreativitas dan produktivitas kerja. Kerja yang kreatif akan lebih disenangi orang dan tidak menimbulkan kesan monoton dalam diri. Pekerjaan menjadi terasa lebih menyenangkan dan selalu ada hal baru yang dicoba. Kerja pun harus produktif sehingga bisa menghasilkan target yang maksimal. Semua orang bisa bekerja, namun mereka yang mampu bekerja secara produktif lah yang akan sukses. Coba perhatikan pekerjaan Anda saat ini, apakah cukup produktif dan berkembang dari waktu ke waktu? Atau begitu-begitu saja selama bertahun-tahun sehingga tak memberikan efek signifikan bagi kehidupan ekonomi Anda. Bisa jadi penyebabnya memang karena Anda tak kreatif dan tak produktif dalam menjalankan pekerjaan tersebut.

Bila Anda bekerja di sebuah perusahaan, cara kerja yang kreatif dan produktif akan menjadi nilai jual Anda di mata atasan. Bila Anda memimpikan kenaikan jenjang karir dan gaji, maka salah satu rahasianya, bekerjalah secara kreatif dan produktif. Ini akan membuat Anda tampil beda dari yang lain. Tak heran Anda akan mendapat perlakuan istimewa dan mendapatkan peluang-peluang penting yang tak diberikan atasan kepada orang lain, khusus ditawarkan untuk Anda. Namun bagaimana caranya agar kita bisa meningkatkan kreativitas dan produktivitas  kerja? Berikut ini tipsnya:

1. Semangat belajar dan menambah ilmu baru
Orang kreatif adalah orang yang punya banyak ide, dan ide tersebut bisa didapatkan jika seseorang memiliki pengetahuan. Pengetahuan tentang pekerjaan Anda harus ditambah dari waktu ke waktu. Misalnya dengan membaca, berbagi pengalaman dengan orang lain, mengikuti pelatihan dan sejenisnya yang bisa meningkatkan kemampuan yang Anda miliki untuk mendukung pekerjaan Anda. Dari sinilah Anda bisa menemukan ide baru, gagasan yang bisa Anda bawa ke dunia pekerjaan Anda. Jangan monoton dalam pekerjaan, tampilkan hal-hal kreatif yang tepat dan bisa memberi hasil yang lebih baik. Upgrade kemampuan Anda terhadap pekerjaan yang Anda tekuni, ini akan membuat Anda lebih kreatif.

2. Ikhlas dalam bekerja
Mereka yang produktif adalah mereka yang tak memikirkan hal-hal lain dari atasan atau pihak lainnya. Mereka bekerja seperti menyelesaikan pekerjaan mereka sendiri, mereka benar-benar bekerja untuk diri mereka. Hasilnya bisa sangat memuaskan. Seseorang yang bisa bekerja dengan hasil yang maksimal dan baik adalah bukti jika ia ikhlas dalam pekerjaannya. Dan hal itu bisa berlangsung terus menerus dari waktu ke waktu, bukan hanya karena ada iming-iming kenaikan gaji yang dijanjikan.

3. Fokus dengan target masa depan
Bekerja menjadi lebih produktif bila kita memiliki target yang harus dicapai. Setiap orang tentu memiliki target yang harus ia capai, baik secara pribadi maupun dalam lingkup keluarga. Bekerja dengan bagus dan maksimal di usia muda akan memberikan peluang untuk mendapatkan posisi yang lebih baik ketika usia semakin bertambah. Apa yang kita kerjakan hari ini akan menjadi nilai kita di masa depan. Jika kita sudah berinvestasi dengan kerja yang produktif saat ini, percaya lah di masa akan datang akan ada peluang kita mendapatkan nilai yang lebih dari semua usaha kita saat ini. Kerja lah dengan baik, maksimal dan produktif saat ini, untuk kebaikan hasilnya di masa akan datang.

4. Pekerjaan adalah amanah
Penting bagi kita memahami bahwa pekerjaan yang kita jalani setiap hari di kantor adalah amanah. Atasan kita memberi kompensasi gaji setiap bulan maka kita harus menjaga amanah tersebut dengan baik dan maksimal. Kerja kreatif dan produktif merupakan tanda kita menjaga amanah tersebut dengan baik. Jangan sampai kita malas-malasan dan meninggalkan tanggung jawab, karena itu sama artinya dengan kita mengkhianati amanah yang ada.

5. Berpikiran positif
Cara meningkatkan kreativitas dan produktivitas  kerja selanjutnya adalah dengan pikiran positif. Membangun pola pikir positif di kantor sangat penting untuk membantu kita bisa bekerja lebih baik dan produktif. Berpikir lah tentang hal-hal baik pada atasan Anda, rekan kerja Anda serta perusahaan tempat Anda bekerja, ini bisa lebih menjadi energi untuk bekerja lebih produktif lagi. Rasa curiga, cemburu dan sebagainya justru akan membuat Anda semakin malas meningkatkan etos kerja. Jauh hasil dari produktivitas yang diinginkan.

6. Menjaga kesehatan fisik dan non fisik
Tahukah Anda semangat bekerja, kreativitas dan produktivitas sangat tergantung bagaimana kondisi fisik dan non fisik seseorang. Bila badan sakit dan banyak keluhan, pekerjaan pun akan terasa sulit dan berat. Bila hati selalu sedih, marah, dendam dan sebagainya, maka kreativitas pun sulit akan muncul. Berolahraga bersama di kantor bisa membantu Anda memiliki fisik yang lebih sehat dan baik.

7. Menjaga silaturahmi yang baik dengan semua kalangan
Jangan membangun hubungan yang buruk dengan semua kalangan di kantor. Ketika Anda merasa ada masalah dengan rekan kantor bahkan atasan, ini jelas akan menganggu kreativitas dan produktivitas kerja Anda. Segera selesaikan jika ada masalah, jangan dibiarkan berlarut-larut.

Setiap orang tentu tahu dan punya cara sendiri bagaimana agar ia mampu meningkatkan kreativitas dan produktivitas  kerja terutama saat di kantor. Hasil kerja yang bagus sangat pantas mendapatkan apresiasi. Maka salah satu indikasi bahwa seseorang bisa produktif dan kreatif dalam bekerja adalah manakala ia mampu menghasilkan prestasi dan mendapatkan penghargaan dari kantor atau pihak lainnya. Tanpa ada rasa sombong dan bangga berlebihan, ini menandakan Anda seorang pekerja yang sukses.

Dengan bekerja secara kreatif dan produktif, maka Anda akan mendapatkan perkembangan karir yang lebih baik. Kini Anda siap untuk mencari pekerjaan yang lebih baik. Carilah pekerjaan yang Anda impikan di Urbanhire, ada lebih dari 18.000 lowongan pekerjaan yang dapat Anda lamar! Segera buat akun dan update akun Urbanhire Anda!

Sumber: Urbanhire

 

Edu. Board Games Designer

Founder Demeira Nusantara
(Board Games Studio)
www.demeira.com
Follow @DemeiraPlay (IG/FB/Tw)

Inisiator Replay Indonesia
(SDGs Board Games Movement)
www.ReplayID.com
Follow @ReplayID (IG/FB/Tw)

Team Hore Redaksi RumahMillennials.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *