Meet The Siblings: Della Aniswara, Sosok Dibalik Suksesnya Program–Program Rumah Millennials

Meet The Siblings: Della Aniswara, Sosok Dibalik Suksesnya Program–Program Rumah Millennials

RumehMillennials.com | Gak kerasa nih Rumah Millennials sudah menginjak usia satu tahun semenjak berdiri 22 Juli 2017 lalu. Begitu banyak program – program yang sudah dijalankan Rumah Millennials untuk saling memberdayakan millennials Indonesia. Acara – acara seperti seminar, sharing session, dan talkshow berkolaborasi dengan berbagai pihak sudah gencar dijalankan sepanjang 2018.

Pastinya dibalik suksesnya program – program Rumah Millennials ada para siblings yang senantiasa mendedikasikan dirinya untuk menjalankan program – program tersebut. Kita semua dengan modal jiwa sosial, semangat berkarya dan bersinergi dengan para millennials Indonesia mencurahkan usaha demi usaha agar program – program Rumah Millennials bisa memberikan dampak yang positif untuk millennials Indonesia.

Tapi, diantara siblings Rumah Millennials, ada yang mengkomandoi kita semua. Dialah yang merancang program – program Rumah Millennials sedemikian matang hingga berhasil dieksekusi. Dialah sosok dibalik suskesnya program – program Rumah Millennials.

Perkenalkan, Della Aniswara Program Director Rumah Millennials yang super keceh. Kenapa keceh? Sini, gua ceritaiin kisahnya Della.

Della dari kecil ternyata sudah dididik untuk selalu produktif setiap harinya. Mulai dari dibiasakan bangun pagi, selalu didorong unutk maju ke depan setiap kali ada acara oleh orang tuanya, dilibatkan kegiatan – kegiatan di sekolah seperti Paskibra dan OSIS waktu SMA, hingga kuliah dia sudah mulai bekerja semenjak semester tiga.

Rupanya ada alasan dibalik mengapa Della sudah bekerja saat masih kuliah. Orang tua Della saat itu sedang mengalami kondisi ekonomi yang tidak baik. Bisnis sedang menurun sedangkan tuntutan hidup harus dipenuhi. Della pun merasa harus mandiri akan hidupnya sendiri hingga dia memutuskan untuk bekerja sambil kuliah. Dari sinilah Della bisa membiayaii kuliahnya sendiri tanpa bantuan orang tua.

Tetapi ujian belum selesai menghampiri Della. Setahun yang lalu, Ayah dari Della dipanggil oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Dari kejadian ini, Della semakin bertekad bahwa dia harus bekerja keras, belajar lebih giat agar bisa membahagiakan keluarganya terutama Ibunya.

Saat ini Della masih mahasiswa Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta (IISIP) jurusan jurnalistik semester 8. Sembari menyusun skripsi, Della sempat magang di Ruangguru.com selama kurang lebih 6 bulan. Disini Della meningkatkan kualitas dirinya terutama sebagai pekerja professional. Dengan bimbingan mentor – mentor yang ada di Ruangguru, Della semakin matang dalam membekali dirinya untuk bekerja di dunia professional.

Tapi bukan Della namanya kalau tidak lincah dan produktif. Della masih memberikan dedikasinya kepada Rumah Millennials untuk menjalankan program – programnya.

Awal pertemuan Della dengan Rumah Millennials dimulai saat sebelum Rumah Millennials mengadakan Grand Launching. Saat itu Della melihat open recruitment for volunteer di Instagram yang dibuka oleh Rumah Millennials. Della sebenarnya mengumpulkan CV dan data dirinya terlambat dari deadline. Tapi Sir Taufan Akbari tetap memanggil Della untuk ikut pertemuan.

Della akhirnya ikut pertemuan tersebut dan bertemu dengan teman – teman barunya seperti Ina, Ria, Vicky, dan Azis. Mulailah saat itu Della menjadi siblings Rumah Millennials.

Program pertama yang dijalankan Della adalah acara Grand Launching Rumah Millennials uang diadakan tanggal 22 Juli 2017. Saat itu, Rumah Millennials mengundang lebih dari 24 orang keynote speakers untuk sharing session mengenai millennials. Planning untuk Grand Launching sendiri sebenarnya sudah dilakukan dua bulan sebelum acara. Tapi baru benar – benar produktif saat setelah lebaran bulan Juni 2017.

Di hari acara, Della menjadi LO untuk 24 speakers, 18 media, dan 2 MC. Suatu pekerjaan yang berat karena Della melakukannya sendiri. Tapi pada akhirnya, acara Grand Launching sukses, acaranya rapih, dan baik peserta maupun keynote speakers puas atas acara Grand Launching tersebut. Benar – benar suatu pencapaian luar biasa dari seorang Della.

Sir Taufan pun langsung memuji Della. “Della, kamu hebat” begitu kata Sir Taufan. Saat itulah Sir Taufan melihat potensi Della untuk diberi kepercayaan memegang program – program Rumah Millennials selanjutnya. Jadilah Della sebagai ketua divisi program Rumah Millennials.

Saat Della menceritakan kisah ini, saya benar – benar terpana dengan dia. Di usia yang masih 21 tahun menuju 22 tahun, Della sudah bisa menjalankan amanah sebagai ketua divisi Program Rumah Millennials. Dia juga sudah bekerja saat kuliah di semester tiga. Di usia semuda itu, Della sudah banyak melakukan hal yang luar biasa.

Saat saya tanya apa mimpinya, dia hanya bilang begini “mimpi gw sih sebenernya gak muluk – muluk. Mungkin kesannya kayak kok bodoh banget ya mimpinya cuma segitu. Tapi, gw sebenernya cuma pengen jadi orang yang bermanfaat bagi keluarga gw, lingkungan sekitar gw, dan masyarakat. Itu aja sih”. Mimpi yang cukup sederhana tapi sangat mulia. Dia sudah membuktikannya bahwa memang Della punya kualitas untuk menjadi wanita yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Tidak banyak cewe di usia semuda Della terutama dari kalangan millennials yang punya semangat juang yang tinggi. Disaat banyak cewe – cewe millennials seusia Della masih disibukan dengan urusan galau – galau cinta atau kuliah, atau gaya hidup yang kurang produktif, Della membuktikan usia muda dan generasi millennials tidak seperti yang dikatakan banyak orang.

Saya banyak belajar dari cerita Della, memberikan tamparan juga pada saya bahwa saya juga harus punya semangat juang yang tinggi untuk membahagiakan orang – orang yang saya sayangi dan juga menjadi bagian dari pembangunan Indonesia.

Begitu juga dengan sobat millennials semua, usia muda bukan halangan untuk berkarya dan bekerja keras. Orang bilang generasi millennials itu jiwa survivalnya rendah. Eits masa sih? Jangan sotoy dulu. Millennials macam Della ini juga pasti ada dan banyak cuma gak keliatan aja. Yang penting bagaimana kita terus berjuang dan jangan menyerah apapun keadaanya. Tanamkan jiwa petarung dalam diri kita dan saya yakin generasi millennials akan menjadi generasi yang membawa Indonesia menjadi negara yang lebih baik.(audi)

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials
The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *