FOJB Resmi Mengukuhi 1.500 Anggota OSIS SMA Se-Jawa Barat

FOJB Resmi Mengukuhi 1.500 Anggota OSIS SMA Se-Jawa Barat

BANDUNG – RumahMillennials.com | Forum Osis Jawa Barat (FOJB) secara resmi mengukuhkan 1.500 anggota OSIS SMA / SMK / MA se-Jawa Barat pada tanggal 30 Juni 2018 dalam acara “Seminar Nasional & Pengukuhan Forum OSIS Jawa Barat 6th Generation”. Bertempat di gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, sebanyak 1.500 anggota OSIS tersebut berasal dari 27 Kabupaten dan Kota se-Jawa Barat. Acara ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan FOJB untuk mengukuhkan generasi baru anggota FOJB.

Forum Osis Jawa Barat (FOJB) merupakan wadah organisasi bagi seluruh pengurus OSIS SMA / SMK/ MA di provinsi Jawa Barat yang berdiri tahun 2013 berdasarkan hasil musyawarah OSIS se-Jawa Barat. FOJB diresmikan oleh Bp. Ahmad Heryawan yang pada saat itu masih menjabat sebagai Gurbernur Jawa Barat.

FOJB dibentuk dengan tujuan mempersatukan dan menghubungkan seluruh pelajar di Jawa Barat khususnya tingkat SMA demi membangun jiwa kepemimpinan, kreatif, dan tangguh secara mental dan spiritual. Pembina FOJB, Hanif Fuadi mengatakan modal yang diperlukan di FOJB adalah keikhlasan.

“FOJB ini ibaratnya sekolah kepemimpinan. Ibaratnya ini rumah pemimpin. Jadi apa yang kalian dapatkan tentang kepemimpinan di sekolah, akan diasah lagi di FOJB” tutur Hanif Fuadi, Dewan Pembina FOJB.

Pengukuhan anggota FOJB generasi ke-6 diresmikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat yang juga merupakan Dewan Pengawas FOJB, H. Iwa Karniwa. Bp. Iwa Kurniwa menghimbau kepada anggota resmi FOJB untuk menjaga tali persahabatan OSIS se-Jawa Barat.

“Pertemanan dan persahabatan akan menjadi aset yang luar biasa di masa depan. Untuk itu, terus kuatkan persahabatan OSIS se-Jawa Barat” kata Bp. Iwa Karniwa dalam kalimat sambutannya.

Peresmian dilakukan dengan pembacaan ikrar FOJB yang dipimpin oleh H. Iwa Kurniwa. Kemudian dilanjutkan dengan penyematan lencana FOJB yang diberikan oleh dewan Pembina dan pengawas FOJB sekaligus penandatanganan berita acara. Terakhir, pemberian plakat kepada H. Iwa Kurniwa.

Setelah acara peresmian, dilanjutkan dengan seminar nasional yang diisi oleh Kepala Kantor Perhubungan UPI & Dosen Fakultas Pendidikan yaitu Professor Wawan Setiawan. Materi yang disampaikan merupakan “Pendidikan Generasi Millennials di Abad 21”.

Dengan acara pengukuhan anggota FOJB generasi ke-6, diharapkan FOJB bisa menjadi wadah yang lebih baik lagi bagi pelajar di Jawa Barat untuk meningkatkan kualitas soft skill seperti kepemimpinan, kerja sama, dan kreativitas. Ini membuktikan bahwa saat ini adalah eranya kolaborasi bukan lagi kompetisi. OSIS yang tadinya bergerak sendiri – sendiri, sekarang sudah berkolaborasi dengan adanya FOJB. Terlebih lagi, FOJB konsisten dalam menjalankan perannya sebagai wadah penghubung OSIS se-Jawa Barat sejak tahun 2013. FOJB telah membuktikan bahwa dengan kolaborasi antar OSIS bisa memberikan suatu dampak positif kepada pemberdayaan pelajar se-Jawa Barat.

FOJB sudah melakukan tindakan nyata untuk memberikan dampak positif bagi pelajar se-Jawa Barat dibidang pendidikan. Bagaimana dengan kamu sobat millennials? Dampak positif seperti apa yang sudah kamu berikan untuk lingkungan sekitar kamu? (audi)

 

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials
The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *