MISI 8: Bagaimana Generasi Millennials Bisa Menjadi “Leader Zaman Now”

MISI 8: Bagaimana Generasi Millennials Bisa Menjadi “Leader Zaman Now”

JAKARTA – RumahMillennials.com | Menjadi leader itu adalah suatu tanggung jawab yang mulia. Jika kamu dipercaya untuk menjadi pemimpin maka kamu bertanggung jawab untuk mengarahkan pengikut kamu bisa bekerja sama dengan baik demi tercapainya tujuan. Pada dasarnya menjadi pemimpin itu bagaimana kamu mempengaruhi pengikut kamu agar bisa berkontribusi dan bekerja sama dengan baik. Tetapi, menjadi pemimpin tentunya tidak mudah.

Terlebih lagi dengan era digital yang semakin terbuka, semua orang bisa punya referensi leader mereka masing – masing. Semakin lama, generasi muda pun semakin kritis dengan informasi yang bisa mereka dapatkan dalam teknologi. Tuntutan seorang leader untuk menyatukan members semakin menantang.

Menjadi ‘leader zaman now’ yang ideal merupakan salah satu tantangan terbesar generasi millennials. Generasi millennials merupakan generasi penerus bangsa yang akan menjadi pemimpin Indonesia di masa depan. Tentu perlu bagi masing – masing dari kita belajar untuk memahami konsep leadership karena dalam kehidupan masyarakat, mempunyai jiwa leadearship sangat penting.

Saat kita ingin berkontribusi untuk kehidupan masyarakat lebih baik, butuh jiwa leadership agar bisa mengayomi semua lapisan masyarakat sekitar kita. Begitu juga dalam dunia professional, meskipun kita mempunyai seorang leader tapi jiwa leadership tetap dibutuhkan.

Paling tidak kalau kamu tidak menjadi pemimpin organisasi atau negara, kamu bisa memimpin diri kamu sendiri. Sebelum memimpin orang lain, diri sendiri dulu yang harus bisa dipimpin. Kenyataanya, banyak dari kita yang masih kesulitan mengendalikan emosi kita.

Di social media perang komen, caci maki, dan segala postingan – postingan negatif masih sering terjadi. Terlebih lagi, kita sebentar lagi akan memasuki pemilu serentak dan pilpres 2019, kalau kita tidak bisa memimpin diri sendiri, akan sangat bahaya bagi persatuan Indonesia.

Itu merupakan salah satu tantangan generasi millennials untuk bisa jadi ‘leader zaman now’ yang ideal. Bagaimana sih generasi millennials bisa menjadi seorang leader yang baik? Apa sih konsep leadership itu yang sebenarnya? Dan, apa yang membedakan leader dengan manager?

Di video MISI (Millennials berdiksuSI) kali ini, gua akan mengajak sobat millennials berdiskusi dengan seorang trainer dan leadership coach muda, yang sudah berpengalaman dalam melakukan training dan coaching leadership ke berbagai perusahaan di Indonesia. Dia juga sudah menjadi pemimpin di usia muda, membangun komunitas Inspiring Youth Educators, dan juga trainer license NLP practitioner. Dia adalah Ivan Dhana atau biasa disapa Coach Ivan. Simak diskusi kita di video MISI #8.(audi)

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials
The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *