Millennials Melek Hukum: Wajib!

Millennials Melek Hukum: Wajib!

Oleh: Rahmat D. Putranto (Founder & CEO LegalGo.co.id)

RumahMillennials.com | Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa segala aspek dalam kehidupan manusia dikelilingi oleh isu hukum, bahkan sejak kita lahir harus mengurus akta kelahiran yang mana itu adalah dokumen hukum. Oleh karena itu, kesadaran akan hukum sifatnya wajib bagi setiap manusia.

Lebih jauh lagi, terdapat adagium hukum yang menyatakan ignorantia juris non excusat yang berarti ketidaktahuan seseorang atas suatu hukum tidak dapat diterima. Secara sederhana menyiratkan makna bahwa setiap orang dianggap mengetahui hukum.

Nah, padahal hukum masih dianggap suatu topik yang berat dan hanya dipahami segelintir orang di kalangan masyarakat. Lalu bagaimana adagium itu menjadi relevan pada kehidupan sehari-hari, sementara di sisi lain jelas sekali tidak setiap orang memahami hukum.

Millennials adalah generasi yang haus akan belajar dan cenderung memiliki banyak sekali ketertarikan. Beberapa diantaranya menempuh karir sebagai pekerja kantoran dan sebagian lainnya menjadi wirausahawan. Percayalah, apapun yang kalian pilih akan tetap bertemu dengan isu hukum.

Kalian bekerja sebagai karyawan, maka akan diberikan kontrak kerja oleh perusahaan atau apabila kalian membangun bisnis, maka isu seperti legalitas usaha, merek atau perjanjian bisnis akan menjadi santapan sehari – hari. Jadi, menolak untuk tidak mau memahami hukum, tentunya akan merugikan diri kalian sendiri.

Hukum itu yang paling penting bermain dengan logika dan secara cermat memperhatikan peraturan atau ketentuan yang berhubungan secara langsung dengan aktivitas kalian. Apabila kalian seorang karyawan, maka kalian harus mempelajari peraturan ketenagakerjaan di Indonesia yang diatur dalam Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan atau jika kalian adalah seorang pengusaha maka sudah seharusnya memahami ketentuan perizinan dan bentuk badan hukum yang salah satunya dilihat di Undang Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Apabila dirasa masih sulit untuk memahami hukum yang berkaitan dengan kehidupan kamu, sekarang ada beberapa produk inovatif di bidang hukum yang membantu meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat dan bahkan memberikan layanan konsultasi secara cuma – cuma, salah satunya di legalgo,co.id yang saya dan rekan – rekan sesama praktisi hukum buat sejak akhir tahun 2016.

Melek hukum itu penting banget agar kalian tidak terjebak pada situasi – situasi yang merugikan kalian sendiri. Banyak sekali dampak negatif yang besar kemungkinan terjadi karena tidak memahami ketentuan hukum yang berlaku.

Apabila kalian seorang karyawan dan tidak memahami bagaimana ketentuan hukum terhadap pekerja tetap dan tidak tetap, maka bisa jadi kalian mendapatkan perlakuan dari perusahaan secara tidak adil dan hak kalian direnggut secara diam – diam.

Terlebih lagi bagi kalian, para millennials , yang sedang merintis usaha, kalau usaha kalian tidak terlindungi dengan legalitas yang jelas, berarti usaha kamu dapat dikatakan illegal dan kerugian yang lebih besar dapat merenggut keuntungan yang kamu berhasil raup.

Sebagai generasi millennials yang tentunya ingin lebih sukses dari generasi pendahulunya, kita harus bisa berkarya dan beraktivitas dalam kehidupan ini di dalam zona yang aman. Hal ini penting untuk memastikan kegiatan kita dapat berjalan secara sustainable dan scalable.

Tentunya, itu semua dimulai dengan langkah awal yang aman dan hal tersebut dapat diwujudkan melalui kesadaran hukum yang cukup bagi apapun kegiatan yang sedang kamu jalani. Oleh karena itu, saya mau berpesan kepada kawan – kawan semua,“Milenial melek hukum itu wajib hukumnya!” (rdp)

Rahmat D. Putranto

Founder & CEO LegalGo Indonesia
Executive Secretary High School of Law IBLAM
IT Law Expert – Music Enthusiast – Enterpreneur

email: rahmat(at)legalgo.co.id
http://legalgo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *