Mau Karir Kamu Sukses? Jangan Cari Passion Kamu!

Mau Karir Kamu Sukses? Jangan Cari Passion Kamu!

RumahMillennials.com | “Passion” Ini satu kata yang semakin hari semakin populer terutama untuk kalangan generasi muda. “Bekerjalah sesuai passion”, “Ikuti passion kamu, nanti kamu akan sukses”. Nampaknya bijak sekali ya kata – kata motivasi itu. Tapi, tunggu dulu deh, passion itu apa ya? Sobat millennials udah tahu belum apa itu passion?

Kalo kata Deddy Dahlan, penulis buku “Ini Cara Gue” yang juga seorang coach, passion itu profesi yang ‘gue banget’. Suatu aktivitas yang kita cintai, kita nikmati, dan menghasilkan uang. Sejalan sama Deddy Dahlan, Dinar Priyanto penulis buku “Passion For Millennial People” mengatakan passion itu sebuah perasaan yang kuat tentang sesuatu, kecintaan, dan kenikmatan yang membuat dia tidak mudah menyerah atas sesuatu itu.

Sekarang udah paham mengenai apa itu passion?
Dari definisi diatas, sekilas kita berpikir “iya juga ya, gua harus kerja apa yang gua suka. Gua harus kerja yang gue banget pokoknya”. Wajar aja generasi muda banyak yang kepikiran seperti itu, termasuk saya sendiri. Ini dikarenakan karakter dari urban middle-class millennials Indonesia itu sendiri.

Seperti yang dijeaskan di buku “Millennials Nusantara” karya Hasanuddin Ali & Lilik Purwadi, karakter urban middle-class millennials Indonesia itu 3C: Connected, Creative, dan Confidence. Dengan perkembangan internet yang begitu massif, kita saling terhubung satu sama lain sehingga ada kesempatan bagi kita untuk terinspirasi dari kreatifitas orang lain atau menyalurkan jiwa kreatif kita di internet karena kita percaya pada diri kita bahwa kita ini makhluk yang unik. Inilah kenapa banyak generasi muda menjadikan passion sebagai fondasi utama dalam membangun karir.

Tapi, ada sebuah artikel yang ditulis oleh Mark Cuban, dia menyatakan
“One of the greatest lie in life is follow your passion”
Yang artinya suatu kebohongan terbesar dalam hidup adalah ikuti passion kamu. Lho, kok gitu ya?

Kenapa ‘ikut passion’ itu salah? Terus gimana dong buat bangun karir?

Tenang jangan bingung sobat millennials! Di sesi MISI (Millennials berdiskuSI) barengan sama Vania Santoso, Founder heySTARTIC & XL Future Leader Program Facilitator yang juga community ambassador Rumah Millennials, saya akan membahas mengenai KARIR.

Gimana memulai karir, gimana memperbaiki karir supaya lebih baik, kenapa jangan follow passion, semuanya akan dibahas di sesi MISI kali ini. (audi)

Public Relation at Rumah Millennials

Content creator on Youtube who share about interesting and unique story of Indonesia and also passionate with public speaking amd youth development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *