Abi Abdillah Sosok Millennials Indonesia Yang Menduniakan Rotan Indonesia

Abi Abdillah Sosok Millennials Indonesia Yang Menduniakan Rotan Indonesia

JAKARTA – RumahMillennials.com | Sobat millennials, apakah di rumah kamu ada kursi atau meja yang dibuat dari rotan? Atau saat kamu berkunjung ke rumah nenek, tante atau om, masih ada kah perabotan rumah yang terbuat dari rotan?

Mungkin di beberapa rumah Indonesia, kamu masih menemukan perabotan rumah yang terbuat dari bahan dasar rotan. Tapi tahukah kamu, produk perabotan rumah berbahan dasar rotan Indonesia laris keras di pasar internasional seperti di Italy, Perancis, dan negara – negara eropa lainnya?

Adalah Abi Abdillah yang berjasa menduniakan produk rotan Indonesia dengan perusahaan yang didirikannya, Studio Hiji. Pria asal Bandung ini mengenyam pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan jurusan design produk. Abi mempunyai cita – cita ingin mengharumkan nama Indonesia melalui ilmu design.

“Indonesia sangat kaya sekali dengan craftsmanship (kerajinan tangan), skill tangannya luar biasa. Ketika saya kuliah, hanya satu yang ingin saya dalami yaitu bagaimana dengan ilmu design bisa mengangkat citra Indonesia” papar Abi dalam sharing session.

Abi melihat kebanyakan industri di Indonesia didominasi oleh industri asing. Abi mempertanyakan apa Indonesia tidak ada potensi yang bisa di maksimalkan?

“Ternyata dibalik potensi Indonesia berupa kekayaan budaya, kita punya satu potensi yang diberikan oleh Tuhan secara melimpah dalam bentuk bahan baku alam berupa rotan”.

“Dulu produk rotan Indonesia hanya menjadi komoditi. Bahkan masyarakat menganggap material rotan adalah material jadul”.

“Saya berharap dengan ilmu design yang saya punya, saya bisa membuat rotan diakui kembali oleh dunia. Waktu itu cita – cita saya sederhana: Saya ingin kerajinan tangan, berkarya dengan craft itu menjadi digdaya”

“Akhirnya saya mencoba berkarya dengan rotan sejak kuliah. Alhamdulillah di tahun 2014, saya berhasil membangun suatu brand dengan Studio Hiji”.

“Alhamdulillah di tahun 2016 ada satu perusahaan furniture asal Italia bernama Capelini yang melihat design saya dan akhirnya membeli design saya untuk masuk ke koleksinya. Saya menjadi satu – satunya designer asal Asia Tenggara yang bisa masuk ke Capelini”.

“Produk saya, itu satu – satunya yang tidak bisa mereka buat di Eropa karena harus dibuat dengan rotan. Jadi hanya bisa dibuat oleh pengrajin yang ada di Indonesia”.

“Dan Alhamdulillah produk rotan tersebut baru saja dianugerahi ‘Good design Indonesia of the year’ oleh Kementrian Perdagangan di tahun 2017”.

Dengan produk design berbahan dasar rotan, Studio Hiji berhasil mengangkat value dari produk rotan Indonesia. Tentu ini prestasi yang sangat membanggakan untuk Indonesia, terlebih lagi yang mempelopori prestasi tesebut adalah generasi millennials seperti Abi Abdillah. Ini membuktikan bahwa generasi millennials Indonesia bisa membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Abi Abdillah adalah satu dari sekian banyak generasi millennials yang berhasil membawa karya – karya Indonesia dengan kearifan lokal sampai ke pasar internasional. Akan ada banyak lagi sosok – sosok millennials Indonesia yang membanggakan Indonesia dengan karya – karyanya. Dan mungkin salah satunya adalah karya – karya sobat millennials yang saat ini masih on progress.

Teruntuk yang sedang proses atau yang baru mau mulai berkarya sebagai entrepreneur seperti Abi Abdillah, ada tambahan tips buat sobat millennials. Di dalam video vlognya bersama saya, Audi Rahmantio, mas Abi memberikan tips bagaimana menjadi entrepreneur muda yang sukses. (audi)

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials
The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *