Indonesia Digdaya! Kolaborasi Kebangkitan Optimisme Generasi Millennials Untuk Indonesia

Indonesia Digdaya! Kolaborasi Kebangkitan Optimisme Generasi Millennials Untuk Indonesia

JAKARTA – RumahMillennials.com | Dalam merayakan 9 tahun berdirinya Good News From Indonesia (GNFI), GNFI berkolaborasi dengan Rumah Millennials mengadakan acara dengan tema “Indonesia Di9daya” yang diselenggarakan pada hari Senin 7 Mei 2018, bertempatan di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia.

Dalam acara ini, GNFI merilis hasil survey mengenai “optimisme generasi millennials untuk Indonesia”. Dilanjutkan dengan sharing session dan talkshow bersama dengan 5 keynote speakers, diantaranya:

  • Jendral (Purn) Dr. Moeldoko – Kepala Staf Kepresidenan
  • Anindya Putri – Juru bicara Kementrian Pemuda dan Olahraga & Putri Indonesia 2015
  • Abie Abdillah – Founder Studio Hiji
  • Panji Azis – Founder Istana Belajar Anak Banten (Isbanban) & Community Ambassador Rumah Millennials

Sharing session dan talkshow dipandu langsung oleh duet founder, Akhyari Hananto (Founder Good News From Indonesia) dan Taufan Teguh Akbari (Founder Rumah Millennials). Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan musik dari V1MAST, salah satu musisi kreatif Indonesia yang mengkombinasikan music modern dengan alat music tradisional Indonesia.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh GNFI, 52% pemuda Indonesia dari seluruh daerah menyatakan optimis kuat terhadap masa depan Indonesia. Ini menunjukan bahwa pemuda Indonesia mempunyai mindset yang positif mengenai negaranya dan percaya bahwa Indonesia akan menjadi lebih baik ke depannya.

Namun, bukan berarti kita berhenti di angka 52% tersebut. Masih ada 31% pemuda optimis tapi masih dalam kadar yang lemah, dan 17% pesimis. Tentu sudah menjadi tugas bersama untuk mengurangi jumlah pesimisme dan optimis lemah terhadap Indonesia di kalangan muda.

Dengan mempresentasikan hasil survey mengenai optimisme millennials terhadap Indonesia, serta sharing session dan talkshow oleh para keynote speakers, di harapkan bisa memotivasi generasi millennials untuk lebih optimis terhadap Indonesia.

Tidak hanya itu, kolaborasi Rumah Millennials dan GNFI juga diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada generasi millennials untuk tidak hanya optimis tapi terus mengambil tindakan untuk menjadikan Indonesia lebih baik. Jend. Moeldoko dalam sharing session juga menyatakan bahwa optimism tidak bisa dibangun secara pragmatis, tidak cukup bermimpi besar, tapi harus diikuti oleh aksi nyata.

Salah satu aksi nyata yang bisa dilakukan adalah meningkatkan semangat berkolaborasi bukan berkompetisi. Dengan kolaborasi antar komunitas, pemerintah, swasta, dan seluruh lapisan masyarakat, Indonesia akan mengarah ke masa depan yang lebih baik. “Kolaborasi adalah ciri – ciri revolusi” begitu pesan yang disampaikan oleh Jend. Moeldoko.

Karena itulah, mari sebagai generasi millennials, kita harus bersatu bahu-membahu membangun Indonesia menjadi lebih baik. Dengan berkolaborasi, angka pesimisme dan optimis lemah bisa dikurangi dan semangat optimisme terhadap Indonesia akan lebih mudah menular ke semua generasi dan semua lapisan masyarakat. (audi)

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials
The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *