Generasi Emas Nusantara Mengadakan Talkshow Bersama Tokoh-Tokoh Muda Inspiratif

Generasi Emas Nusantara Mengadakan Talkshow Bersama Tokoh-Tokoh Muda Inspiratif

JAKARTA – RumahMillennials.com | Dalam rangka merayakan hari pendidikan nasional 2 Mei, Generasi Emas Nusantara mengadakan talkshow inspiratif dengan tema “Mewujudkan Indonesia Emas Melalui Pendidikan” di acara Jakarta Marketing Week (JMW) 2018, di mini stage Mall Kota Kasablanka.

Acara ini dihadiri oleh tokoh – tokoh muda yang berprestasi dan berkarya di bidang pendidikan diantaranya:

  1. Reza Zaki – Ketua Rumah Imperium & Putera Daerah Membangun, Dosen Hukum Binus
  2. Taufan Teguh Akbari – Founder of Rumah Millennials dan Dekan Business Studies LSPR Jakarta
  3. Panji Azis Pratama – Founder Isbanban Foundation & CEO Care Institute
  4. Gaida Faza – Director of Human Resourse Matahari Kecil Indonesia & Assistant Teacher of Ceria Montessori School
  5. Putri Handayani – Inspirator Jelajah Putri: 7 Puncak Kutub 7 Pilar Edukasi

Dalam sesi talkshow, masing – masing narasumber berbagi tentang pengalaman dan cita – citanya mengenai pendidikan dan masa depan generasi muda Indonesia. Salah satunya Putri Handayani, bercerita bagaimana pengalamannya bekerja di bidang engineering & technology dan juga perjalanan Putri menaklukan berbagai gunung – gunung tertinggi di dunia seperti gunung Klimanjaro.

Saat ini, Putri sedang membangun sekolah yang berbasis teknologi & engineering di Papua. Putri ingin mengembangkan potensi – potensi SDM lokal sejak usia dini terutama kaum perempuan agar penduduk lokal bisa memaksimalkan potensi dirinya.

Sejalan dengan Putri, Panji Azis juga berkarya di bidang pendidikan dengan mendirikan Istana Belajar Anak Banten (Isbanban). Isbanban adalah platform untuk akses pendidikan yang lebih baik untuk adik – adik desa di Banten. Salah satu permasalahan pendidikan di Provinsi Banten adalah jarak yang jauh dari sekolah dan desa. Misalnya, di Padeglang, banyak anak – anak lulusan SMP tidak lanjut sekolah ke SMA karena jarak yang sangat jauh antara sekolah dan desa.

Apabila mereka sekolah, dibutuhkan setidaknya biaya Rp 2,1 juta per orang dalam sebulan untuk biaya transportasi. Belum lagi waktu yang ditempuh dan apabila terjadi sesuatu di jalan, akan merepotkan bagi siswa – siswi desa yang ingin sekolah. Karena itulah, Panji Azis tergerak hatinya untuk membangun Isbanban agar anak – anak desa bisa mendapatkan akses pendidikan yang lebih baik.

Di sisi lain, Gaida Faza menceritakan tentang bagaimana pendidikan kepada anak – anak seharusnya diterapkan. Di Matahari Kecil Indonesia, setiap peraturan yang diterapkan kepada – anak, juga berlaku kepada guru – guru. Ginal mengatakan dengan metode seperti ini, guru – guru memberi contoh kepada anak – anak kalau disiplin mematuhi peraturan itu penting.

Guru merupakan role model bagi anak didiknya, karena itu saat guru memberikan peraturan, maka peraturan itu juga berlaku kepada guru itu sendiri. Metode ini merupakan salah satu usaha Matahari Kecil Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan sosial di bidang pendidikan.

Dengan talkshow ini, Generasi Emas Nusantara ingin menyampaikan pesan bahwa mengajar itu bukan hanya tanggung jawab para guru di sekolah, tetapi tanggung jawab kita semua sebagai kaum terdidik.

Sesuai dengan kampanya Generasi Emas Nusantara, #ngajaritukeren, diharapkan generasi millennial memiliki mindset bahwa mengajar itu tren yang keren saat ini sehingga lebih banyak lagi generasi millennial yang berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. (audi)

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials
The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *