3 Komunitas Literasi Bergabung Dalam Lokomotim, Untuk Menggerakkan KeREADta

3 Komunitas Literasi Bergabung Dalam Lokomotim, Untuk Menggerakkan KeREADta

DEPOK – RumahMillennials.com | Di Indonesia saat ini sudah banyak komunitas literasi, para penggiat membaca buku yang berusaha untuk meningkatkan budaya membaca buku di masyarakat sekitar mereka. Diantara banyaknya komunitas itu, ada 3 komunitas literasi yang memutuskan untuk berkolaborasi menjadi sebuah LokomoTIM.

LokomoTIM ini terdiri dari Taman Baca Inovator, Indoreadgram dan Booktube Indonesia, mereka sepakat untuk membuat satu gerakan bersama yang bernama KeREADta. KeREADta merupakan gerakan membaca buku sekaligus ajakan kepada masyarakat untuk membaca di berbagai alat transportasi salah satunya adalah kereta.

Tujuan dibuatnya KeREADta ini untuk mengajak para penumpang lain agar memiliki kesadaran tentang pentingnya membaca, sehingga membaca menjadi gaya hidup dan meningkatkan minat baca di Indonesia.

Tidak hanya dilakukan tahun ini, KeREADta ini sudah berlangsung dari tahun 2017. Tahun ini mereka sudah berhasil mengadakan acara KeREADta pada hari Minggu kemarin tanggal 22 April 2018, mengambil momentum Hari Buku Nasional.

Diikuti sekitar 400 anggota & Volunteer, perjalanan KeREADta ini dimulai dari stasiun Jakarta Kota. Selama perjalanan dari Stasiun Jakarta Kota sampai Stasiun Universitas Indonesia, mereka melakukan aksi Flash Mob membaca buku secara bersama-sama.

Setelah sampai ditujuan, KeREADta melanjutkan program acara mereka dengan mengadakan beberapa kelas inspirasi di kampus UI. Mereka mencoba untuk memfasilitasi relawan yang ingin membuka kelas inspirasi secara gratis untuk relawan lain yang sudah terpilih dari indorelawan.org

Kelas Inspirasi yang diberi tajuk bertajuk “Merajut Sastra dan Literasi” ini dibagi dalam 5 kelas, antara lain:
1. Kelas Literasi bersama Nirwan Ahmad Arsuka, Abinaya Ghina Jameela dan Yona Primadesi.
2. Kelas Fiksi bersama Andry Setiawan dan Lia Indra Andriana.
3. Kelas Blog bersama Afifah Mazaya.
4. Kelas Jurnalistik bersama Eko Suprihatno.
5. Kelas Puisi bersama Al-Muhtadi.

Vice President Corporate Communication PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) Eva Chairunisa mendukung penuh kegiatan ini karena dia menilai aktifitas membaca ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuaan.

“Dalam menggunakan transportasi KRL biasanya pengguna akan punya cukup banyak waktu dalam perjalanan. Akan sangat  disayangkan bila waktu yang ada tidak digunakan untuk membaca. Aksi ini tentu dapat menjadi inspirasi bagi penumpang KRL untuk memanfaatkan waktunya (untuk membaca buku) selama dalam perjalanan.” ungkap Eva.

Mereka yakin, semakin banyaknya masyarakat yang sadar tentang pentingnya membaca maka semakin bagus pula tingkat literasi di Indonesia.

Eva menambahkan “Rangkaian aksi ini sejalan dengan program sosialisasi dan edukasi Rumah Baca Si Karel milik PT KCI yang saat ini sedang dalam proses pembangunan di wilayah Tenjo, Kabupaten Bogor. Nantinya buku-buku bacaan berkualitas yang terkumpul dari aksi ini, sepenuhnya akan disumbangkan untuk mengisi Rumah Baca di lokasi yang akses terhadap buku bacaannya masih minim.”

Saat ini fakta literasi Indonesia tergolong miris. Indonesia nyaris menempati posisi buncit yakni peringkat 60 dari 61 negara yang diteliti. Tingkat membaca siswa Indonesia juga berada di peringkat ke 57 dari 65 negara yang diteliti. Sedangkan minat baca di Indonesia hanya 0,001 artinya hanya 1 dari 1.000 penduduk yang memiliki minat baca.

Hal ini merupakan komitmen penting dari PT KCI dan LokomoTim yang dapat dimaknai bahwa transportasi umum bisa menjadi tempat yang nyaman bagi para penikmat buku sekaligus memberi stimulus kepada pengguna jasa lain untuk selanjutnya membiasakan diri membaca buku di mana saja. Sebagaimana yang dinyatakan penulis pemenang American Printz Award asal Inggris, Aidan Chambers, readers are made, not born. Selamat Hari Buku Sedunia! (eFKa)

A post shared by Nora Trisna (@noratrisna) on

Edu. Board Games Designer

Founder Demeira Nusantara
(Board Games Studio)
www.demeira.com
Follow @DemeiraPlay (IG/FB/Tw)

Inisiator Replay Indonesia
(SDGs Board Games Movement)
www.ReplayID.com
Follow @ReplayID (IG/FB/Tw)

Team Hore Redaksi RumahMillennials.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *