Filosofi “Berdaya, Berkarya, Bermakna” Rumah Millennials

Filosofi “Berdaya, Berkarya, Bermakna” Rumah Millennials

RumahMillennials.com | Bagi pengikut setia Rumah Millennials, pasti gak bakalan asing dengan kata-kata diatas. Tokoh – tokoh pemuda yang pernah jadi pembicara di acara – acara Rumah Millennials, pernah menyebutkan kalimat ini. Kamu bisa nonton di channel Youtube Rumah Millennials. Jangan lupa di subscribe ya sobat millennials!

Bicara soal taglinenya Rumah Millennials “Berdaya, Berkarya, Bermakna”, sebenarnya apa sih filosofi di balik tiga kata itu? Kenapa Rumah Millennials memilih kata “berdaya”, “berkarya”, dan “bermakna” sebagai taglinenya? Di artikel kali ini, yuk bareng – bareng kita kaji lebih dalam filosofi di balik tiga kata itu.

Sebelum membahas lebih jauh tentang makna “berdaya”, “berkarya”, dan “bermakna”, ada baiknya kita tengok dulu arti ketiga kata itu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menurut KBBI, “Berdaya” artinya berkekuatan, berkemampuan, bertenaga. Bisa dikatakan bahwa “berdaya” itu kemampuan melakukan sesuatu atau kemampuan bertindak untuk mengatasi masalah.

“Berkarya” dalam KBBI memiliki arti hasil perbuatan dan ciptaan. Bisa diartikan hasil olah rasa, hati, dan pikiran yang kita buat / ciptakan sehingga ada dampak sosial.

“Bermakna” menurut KBBI, mempunyai arti penting atau mendalam.

Itu kalau kita artikan “berdaya, berkarya, bermakna” dalam KBBI. Bagaimana Rumah Millennials mengartikannya sehingga menjadi suatu filosofi dan tagline dalam menjalankan visi dan misi untuk millennials Indonesia?

Rumah Millennials, sejatinya hadir di Indonesia untuk menjadi sebuah katalisator, penggerak bagi millennials Indonesia agar saling bersinergi, berbuat sesuatu yang berdampak pada lingkungan sekitar kita. Saat kita bisa berbuat sesuatu untuk lingkungan sekitar kita, kita baru bisa menyentuh ke ranah yang lebih luas yaitu untuk bangsa dan negara. Pada akhirnya, tindakan yang kita buat kedepannya harus bisa menjadikan Indonesia lebih baik.

Tapi, untuk melakukan itu tidak mudah. Untuk berbuat sesuatu, millennials Indonesia harus terlebih dahulu mengenal dirinya. Saat kita bisa mengenal diri kita, segala potensi, kelebihan, dan kekurangan kita, kita akan tahu mau diarahkan kemana diri kita nanti kedepannya. Mau berbuat apa, membuat dampak sosial seperti apa, ingin menciptakan apa.

Disinilah Rumah Millennials hadir untuk memberdayakan millennials Indonesia. Inilah arti berdaya dalam tagline Rumah Millennials. Sebelum membuat suatu karya, diri sendiri dulu harus berdaya dengan cara mengenal potensi diri. Program – program yang dilakukan oleh Rumah Millennials punya tujuan agar millennials Indonesia bisa lebih berdaya lagi, lebih menggali potensinya lagi. Sehingga tahu mau berkarya seperti apa kedepannya.

“Sebenarnya setiap orang bisa mengembangkan potensi diri mereka kalau saja mereka benar – benar mau belajar”
Yoris Sebastian, Penulis buku Generasi Langgas

Setelah berdaya, maka langkah selanjutnya mengambil tindakan entah itu dengan membuat produk, jasa, startup, yayasan, komunitas, dll. Semua itu adalah karya. Disinilah makna berkarya dalam tagline Rumah Millennials.

Rumah Millennials ingin mengajak dan mendorong millennials Indonesia untuk berbuat sesuatu, menciptakan invoasi – inovasi baru selagi kita masih muda, punya energi, skill, kesempatan, dan momentum.

Terlebih lagi, perkembangan teknologi dan informasi semakin menunjang anak – anak muda untuk mewujudkan karyanya sesuai passion dan minat. Apapun tindakannya, idenya, invoasinya, dan karyanya haruslah memiliki dampak positif yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya untuk hari ini dan masa depan.

Sehingga, saat millennials Indonesia bisa membuat dampak sosial yang positif di lingkungan sekitar, Indonesia ke depannya akan punya masa depan yang lebih cerah.

“Pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan”
Nelson Mandela

Kalau sudah saling berkarya, saling bersinergi, dan saling berkolaborasi untuk membuat dampak positif, maka generasi millennials Indonesia beserta karyanya akan menjadi sesuatu yang berarti bagi Indonesia. Sesuatu yang memiliki makna yang begitu besar bagi peradaban Indonesia.

Rumah Millennials ingin membangun sebuah peradaban yang positif untuk Indonesia hari ini dan kedepannya. Maka dari itu, Rumah Millennials ingin terus menjadi platform yang bisa mendorong generasi millennials Indonesia beserta karya – karya mereka di bidang masing – masing, menjadi sesuaut yang bermakna besar bagi peradaban Indonesia.

“Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh PEMUDA”
Tan Malaka

Rumah Millennials sendiri adalah bentuk dari karya yang di bangun oleh anak – anak muda Indonesia yang ingin saling memberdayakan satu sama lain, sehingga bisa berkarya yang punya dampak positif untuk millennials Indonesia, dan pada akhirnya kehadiran Rumah Millennials akan menjadi sesuatu yang bermakna bagi Indonesia.

Seperti itulah filosofi “berdaya, berkarya, bermakna” Rumah Millennials. Rumah Millennials tidak akan bisa membuat dampak positif untuk Indonesia sendirian. Rumah Millennials butuh millennials Indonesia lainnya untuk bersama – sama membangun peradaban yang positif bagi generasi Indonesia hari ini dan masa depan.

Saat semua millennials dari Sabang sampai Merauke saling bersatu, maka bukan hanya peradaban yang positif bagi Indonesia tapi bagi dunia. Karena potensi – potensi pemuda Indonesia adalah suatu anugerah yang diberikan Tuhan untuk Indonesia agar bisa membuat dunia yang lebih baik. Karena itu, Rumah Millennials ingin mengajak sobat millennials untuk saling bersinergi, bersatu, dan bergerak bersama – sama.

Yuk, kita saling berdayakan diri kita, agar bisa berkarya, sehingga kita semua bisa menjadi generasi yang bermakna untuk Indonesia. (audi)

“Kalau hidup hanya sekedar hidup, kera di rimba juga hidup. Kalau kerja hanya sekedar kerja, kerbau di sawah juga kerja”
Buya Hamka

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials
The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *