Robertus Theodore: Kami Ingin Libatkan Generasi Milenial Mempersiapkan Bonus Demografi

Robertus Theodore: Kami Ingin Libatkan Generasi Milenial Mempersiapkan Bonus Demografi

JAKARTA – RumahMillennials.com | Rumah Millennials atau secara singkat disebut RM, patut berbangga memiliki kesempatan berkunjung ke Istana Negara tepatnya di Kantor Staf Presiden (KSP). Moment itu disambut hangat oleh Mas Robertus Theodore selaku Tenaga Ahli Muda, Kantor Staf Presiden beserta dengan beberapa orang Tim nya.

Hari senin sore kemarin, merupakan kunjungan kali kedua RM ke Kantor ini. Dengan jumlah 15 orang yang hadir pada saat itu, pengurus Rumah Millenials memadati Ruang Meeting termasuk sang Founder Taufan Akbari.
Bonus demografi salah satu topik yang dibahas dalam pertemuan ini dalam bentuk diskusi ringan.

Bonus Demografi merupakan dimana usia produktif (usia 15-64 tahun) akan lebih banyak dibanding degan usia tidak produktif (usia <15 dan >65 tahun). Dominasi penduduk usia produktif akan mencapai 70% dan diprediksi puncaknya di Indonesia pada tahun 2030an.

Bonus demografi ini menjadi suatu keuntungan jika dipersiapkan dengan konsep yang baik

Diskusi terkait bonus demografi ini mengalir sangat lancar sembari menikmati jamuan makanan yanh sebelumnya telah disiapkan oleh mas Robertus dan rekan-rekannya.

Pengurus RM yang hadir sore itu juga turut memberi argumen dan melontarkan beberapa pertanyaan. Dimana perihal topik bonus demografi juga termasuk dalam nilai-nilai dari RM, yakni: Berdaya, Berkarya dan Bermakna seperti yang telah dipresentasikan pada awal meeting dimulai.

Ini akan menjadi sebuah kolaborasi yang menarik. Dimana pemerintah telah membuka banyak pintu untuk generasi millennial yang ingin turut membantu pemerintah dalam pembangunan. ‘’Pembangunan merupakan tanggung jawab kita semua, bukan hanya pemerintah’’, tutur mas Robertus sore itu sembari menyantap snack yang ada dihadapannya.

Beliau berharap, generasi Milenial mau berkarya tentang apapun, dimanapun namun tetap peduli dengan pemerintah, berpartisipasi dalam pembangunan di segala sektor.

Sebagai langkah awal, mas Robertus mengharapkan Rumah Millennials untuk membentuk suatu kelompok kecil yang berasal dari Penjaga Rumah Millennials yang nantinya akan merangkai suatu program “Pengelolaan Talenta Millenial’’

Talent Management ini nantinya akan menjadi suatu wadah pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya generasi millenials untuk siap menghadapi bonus demografi, persaingan ekonomi, dan lainnya.

Apakah kamu siap? Harus siap!! Generasi Millennial dengan semangat kolaborasi untuk Indonesia Lebih Baik. (dore)

Partnership Division di Rumah Millennials
Alumni Universitas Sriwijaya
Seorang Karyawan Swasta
Anggota Komunitas Mata Kita Region Jakarta
Travel blogger

Teacher Volunteer di Non Government Organization Global Peace Foundation Indonesia dalam bidang pengembangan masyarakat secara khusus anak-anak dalam pendidikan non formal Bahasa Inggris, juga menumbuhkan rasa kepercayaan diri anak-anak rusun bahwa mereka juga mampu bersaing dengan anak-anak yang sedang atau telah mendapatkan fasilitas dan pendidikan yang lebih baik.

Facilitator Volunteer di Wahana Visi Indonesia, yang bergerak dalam perlindungan anak-anak rusun terhadap kekerasan.

Sangat tertarik dengam issue kemanusiaan dan pengembangan masyarakat.
Menyukai dunia petualangan dan sangat bangga dengan alam Indonesia yang begitu indah.
Hobby mendaki gunung dan terlatih bernyanyi paduan suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *