Kampoeng Dolanan Membuat Unit Usaha Sosial Yang Sedang Mencari Pengerajin Permainan Tradisional

Kampoeng Dolanan Membuat Unit Usaha Sosial Yang Sedang Mencari Pengerajin Permainan Tradisional

SURABAYA – RumahMillennials.com | Pernah dengar Kampoeng Dolanan? Kampoeng Dolanan adalah sebuah komunitas yang bergerak dalam melestarikan permainan tradisional. Konsepnya adalah mewujudkan pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Ki Hadi Sukatno, melalui permainan tradisional. Ada tiga prinsip yang mereka pakai, yaitu semua orang adalah guru, setiap waktu adalah belajar dan alam raya adalah sekolahnya.

Kampoeng dolanan dibentuk pada tanggal 13 Desember 2016 di Surabaya. Selama perjalanannya hingga sekarang sudah menjalankan program sebanyak 275 program dan didalamnya terdapat 150 kali roadshow.

Kampoeng Dolanan sudah menjalani roadshow di 25 kota 4 provinsi 3 pulau (Pulau Jawa, Pulau Bali dan Pulau Sumatera) dan di 2 negara lain yaitu Singapore dan Malaysia. Kampoeng Dolanan juga sudah ada di dua kota yakni di Surabaya dan Kediri.

Menempati tanah PT. Kereta Api Indonesia (KAI), sehingga secara status tanah warga yang tinggal disana tidak ber-SHM. Mimpi kampoeng dolanan adalah mewujudkan tempat wisata berbasis permainan tradisional di tanah tersebut. Hingga kondisi saat ini adalah mengubah mindset masyarakat yang sadar wisata melalui berbagai program-program yang dijalankan disana.

Untuk “Bahan Bakar” dalam menjalani semua program yang mereka buat, Kampoeng Dolanan memiliki beberapa unit usaha. Mulai dari unit usaha Catering sampai penyedia jasa OutBound, termasuk Dolipstore yang saat ini sedang mencari informasi tentang keberadaan pelapak dolanan di Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Jombang.

Menurut cak Mustofa, Dolipstore akan bantu menjualkan permainan tradisional dari pengrajin itu, dimana laba hasil penjualan akan diwujudkan dalam bentuk barang yang kemudian didonasikan kepada pelapak dolanan di 4 kota tadi.

Yuk, bergotong royong menyejahterakan pelapak dolanan. Caranya :
1. Foto pelapaknya
2. Upload ke IG pribadi
3. Mention ke instagram @dolipstore dan @kampoeng_dolanan

Buat kamu yang tau informasinya di empat kota tadi, coba bantu dengan melakukan hal diatas ya,  atau hubungi bibi Dolip : 083832609148 melalui WA. (eFKa)

Follow mereka di :
Facebook : Dolip Store l Kampoeng Dolanan
Instagram : @dolipstore l @kampoeng_dolanan

 

Edu. Board Games Designer

Founder Demeira Nusantara
(Board Games Studio)
www.demeira.com
Follow @DemeiraPlay (IG/FB/Tw)

Inisiator Replay Indonesia
(SDGs Board Games Movement)
www.ReplayID.com
Follow @ReplayID (IG/FB/Tw)

Team Hore Redaksi RumahMillennials.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *