Millennials Zaman Now Wajib Punya 8 Sikap Ini Agar Sukses Bersaing dan Berkarya

Eh Sobat Millennials, tahu gak sih kalau kita ini, generasi millennials dianggap sebagai generasi yang dikenal mempunyai image kurang bagus dimata generasi para pendahulu kita, yaitu generasi X dan generasi baby boomers. Sebenarnya image buruk sih nggak terlalu ngaruh ya, asalkan kita bisa tunjukkan kepada para generasi pendahulu kita dengan karya-karya kita. Nah, sebagai generasi millennials, kita wajib punya 8 sikap ini agar kita dapat berhasil dalam bersaing di era disruptif teknologi seperti sekarang ini, dan layak disebut sebagai generasi kekinian, anak zaman now anti micin yang bisa berkarya dan menunjukkan karya kita yang keren ke para generasi X dan generasi baby boomers.

1. Punya “Passion” yang jelas biar kita tahu cita-cita dan tujuan kita apa

Sebagai generasi zaman now anti micin, kita harus bisa mengenali diri kita dengan baik sobat millennials agar kita tahu apa keinginan kita, cita-cita kita, dan apa passion kita. Dengan kita bisa mengenali diri kita dengan baik, maka  kita jadi tahu rencana seperti apa yang harus kita buat untuk menggapai cita-cita kita. Menggapai cita-cita atau impian kita yang disertai dengan passion, maka akan membuat kita tampil extra mile. Bagi teman-teman yang masih bingung dengan istilah passion, secara sederhana itu bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang kita senang melakukannya, tanpa paksaan, dan bahkan tanpa bayaran, tapi membuat kita merasa senang, bahagia, dan kadang membuat kita merasa “lebih hidup”. Setiap orang perlu proses dalam menemukan passion masing-masing dan melalui berbagai cara. Bahkan kadang harus melalui trial and error untuk bisa menemukan passion kita sebenarnya. So, segera temukan dan miliki passion sobat millennials, lalu berkarya lah dengan passion, maka hasilnya akan luar biasa, dan bisa kita tunjukkan kualitas kita kepada para generasi X, baby boomers dan kepada seluruh masyarakat.

2. Selalu total dan fokus dalam melakukan sesuatu, alias totalitas adalah segalanya dalam melakukan sesuatu

Sebagai generasi masa kini yang kece, kita tidak boleh setengah-setengah dalam melakukan sesuatu. Totalitas harus kita tunjukkan dalam membuat suatu karya. Karena orang-orang yang sukses dibidangnya adalah orang-orang yang selalu mencurahkan tenaga dan pemikirannya secara total sehingga tercipta karya yang luar biasa. Meskipun sedang dilanda rasa bosan, dan jenuh, tetaplah kerjakan, dan lakukan. Bayangkanlah reaksi bahagia orang-orang terdekat kita jika kita bisa berhasil menyelesaikan sesuatu, itu akan menjadi booster tersendiri bagi kita untuk terus berjuang.

3. Tidak mudah menyerah dan selalu ingin belajar

Jika muncul rasa ingin menyerah, berhenti sejenak, dan ingatlah alasan terbesar kita memulai sesuatu, mudah-mudahan akan membantu kita untuk melewati masa-masa sulit ketika ingin berhenti. Generasi yang besar dengan “kekuatan Naruto” dan “keceriaan upin ipin” harus terus berjuang, dan tidak mudah menyerah. Selalu dapat mengambil pelajaran dari tiap proses yang kita lalui adalah hal yang penting dalam membentuk kepribadian dan mengasah mental kita, dan dapat menjadi modal untuk kita berkarya dimasa yang akan datang.

4. Terbiasa menganggap perbedaan pendapat adalah hal yang biasa, bahkan malah bikin kita tambah kaya perspektif dalam melihat sesuatu

Dengan berbagai sumber informasi yang sangat mudah diakses saat ini, harusnya generasi zaman now itu udah terbiasa dengan perbedaan. Sebagai generasi zaman now, kita tidak perlu takut berbeda pendapat. Kita harus menganggap perbedaan pendapat sebagai katalisator untuk memperkaya wawasan, pola pikir dan perspektif dalam melihat sesuatu. Dengan terbiasa dengan pebedaan, kita sebagai generasi anti micin tidak menganggap hal tersebut sebagai suatu ancaman, tetapi malah menganggap perbedaan sebagai suatu kekayaan, sebagai suatu asset yang harus dikelola sama-sama untuk saling berkolaborasi dalam melakukan sesuatu dan menciptakan suatu karya. Generasi millennials harus punya pemahaman yang sama, bahwa orang-orag yang anti dengan perbedaan, apalagi anti tehadap perbedaan-perbedaan yang sifatnya primordial adalah orang-orang yang ketinggalan zaman, orang-orang yang harusnya hidup dizaman beberapa ratus tahun yang lalu. Negara kita, Indonesia,  menjadi indah karena Bhinneka Tunggal Ika nya bukan??

5. Melihat keberhasilan orang lain sebagai motivasi agar bisa berhasil seperti orang-orang yang sudah lebih dulu berhasil

Orang yang syirik dengan keberhasilan orang lain adalah orang-orang yang kurang piknik, mungkin orang yang sangat kita rekomendasikan untuk pergi naik gunung, atau ke pantai, agar bisa berkomunikasi lebih baik lagi dengan alam. Begitulah kalimat yang selama ini sering kita dengar. Dan kalimat tersebut ada benar nya juga, karena dengan sering melakukan kegiatan luar ruangan akan membentuk kepribadian kita. Sebagai generasi yang haus akan prestasi, kita harus melihat keberhasilan orang lain sebagai motivasi , sebagai mood booster kita dalam bekerja dan berkarya, agar kita bisa sama-sama berhasil seperti orang-orang yang sudah sukses duluan.

6. Tetap mengutamakan kesehatan

Sebagai generasi yang pernah terpapar dengan iklan “Klinik Tong Fang”, dan berhasil lolos dari rayuan si “Klinik Tong Fang” kita harus sadar, bahwa kesehatan itu harus tetap dijaga dan menjadi prioritas utama. Di era kita saat ini, pola hidup sehat sudah menjadi bagian dari life style. Karena kita semua sadar bahwa tanpa kesehatan yang prima, kita tidak dapat maksimal dalam bekerja dan berkarya.

7. Anti kemapanan dan anti zona nyaman yang terlalu lama

Kesehatan yang prima akan memberikan energi yang besar bagi kita generasi zaman now untuk selalu berkarya. Sehingga no wonder kalau kids zaman now ini susah banget berdiam lama disuatu tempat. Dapat kita lihat dan kita contoh, bahwa generasi millennials yang sudah berhasil berkarya adalah orang-orang yang mempunyai sikap anti kemapanan. Bisa kita lihat beberapa contoh diantaranya pencipta aplikasi Telegram, Twitter dan lain-lain. Mungkin para generasi X atau baby boomers menganggapnya sebagai generasi kutu loncat yang tidak loyal. Namun dari sudut pandang kids zaman now sendiri, hal tersebut adalah bentuk penyaluran dari energi dan mimpi besar yang dimiliki generasi millennials. Dengan berbagai fasilitas yang ada saat ini, maka para generasi millennials sangat ingin mewujudkan mimpi-mimpinya, khususnya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, atau membantu membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dengan cara-cara generasi millennials. Dengan kata lain, generasi millennials yang anti kemapanan dan nggak betah terlalu lama di zona nyaman adalah bentuk pemberontakan secara halus atas kinerja generasi sebelumnya yang dianggap lamban dalam menyelesaikan problem-problem di masyarakat.

8. Mempunyai integritas dan self discipline yang tinggi dalam usaha mewujudkan karya

Integritas dan sikap disiplin tinggi adalah sikap yang sangat penting dimiliki oleh para generasi millennials untuk dapat menghasilkan karya-karya yang luar biasa dimasyarakat.  Tanpa integritas dan disiplin, mustahil kita bisa melihat Tokopedia, Traveloka, Gojek dan beberapa perusahaan lainnya yang didirikan anak-anak muda. Jadi sebagai generasi zaman now yang ingin sukses, sikap seperti ini wajib kita miliki dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Integritas dan kedisiplinan dikalangan para millennials adalah salah satu sikap yang sering dikritisi oleh para generasi sebelumnya. Namun jika kita lihat dari karya-karya yang sudah dihasilkan, mustahil karya tersebut bisa tercipta tanpa integritas dan kedisiplinan yang tinggi. Dan kita sebagai generasi yang saat ini sedang terus berusaha menciptakan karya, kita harus menumbuhkan integritas dan kedisiplinan sejak dini, agar bisa menjadi millennials selanjutnya yang karyanya bisa berdampak bagi masyarakat.

Nah, sobat millennials, yuk mari kita sama-sama tumbuh dan kembangkan sikap-sikap tersebut agar kita bisa selalu menjadi millennials yang berdaya, berkarya dan bermakna.

Author :

Jakarta, 21 Desember 2017

Nurianto Kama – Siblings Research and Development Rumah Millennials

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *