Sukses dalam Era Millenial Melalui Public Speaking

Sukses dalam Era Millenial Melalui Public Speaking

“Takut ahh… Nanti blank.”

Saya lebih baik terjun bebas dibanding harus public speaking.”

“Gak ahhh, saya kan Introvert!”

Public speaking adalah aktivitas yang kerap ditakuti banyak kalangan, salah satunya anak muda. Banyak sekali “halangan pikiran” yang membuat seseorang takut menginjakkan kaki diatas panggung dan memberikan opininya dihadapan semua. Tetapi, tahukah kamu kalau keahlian public speaking sangat dilirik di era seperti saat ini?

Kemampuan berkomunikasi menjadi hal utama dalam persyaratan pencarian kerja, baik perusahaan yang bergerak dalam bidang front office ataupun back office, mengingat tidak ada pekerjaan yang dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya komunikasi yang baik.

Melebihi komunikasi, kemampuan public speaking juga menjadi poin tambahan yang membuat seorang kandidat lebih dilirik. Ini dikarenakan public speaking bukan hanya sekedar berbicara di depan khayalak dengan percaya diri, melainkan kemampuan tersembunyi yang menjadi nilai tambah bagi perusahaan atau organisasi terkait.

Kemampuan Menyaring Informasi

Jika diperhatikan, seorang public speaker diharapkan mampu menyaring informasi dengan lebih bijak mengingat kredibilitas mereka sangat dipertaruhkan. Apapun yang dibicarakan dihadapan audiens haruslah yang terpercaya dan terbukti kebenarannya. Hal inilah yang menjadi pertimbangan perusahaan dalam memilih kandidatnya agar dapat meminimalisir kejadian yang terjadi akibat penyaring informasi minim, khususnya bagi perusahaan yang berlatar belakang data dan statistik atau portal berita.

Selain dalam dunia pekerjaan, kamu juga akan dianggap sebagai sumber dan teman yang terpercaya jika prinsip ini terus dipegang!

Kemampuan Mengontrol Emosi

Di dalam era yang penuh dengan tekanan ini, kemampuan mengontrol emosi menjadi salah satu aspek penting untuk mencapai kesuksesan. Emosi yang tidak stabil berpotensi mengacaukan jalannya komunikasi dalam perusahaan, juga dalam kehidupan sosial individu.

Public speaking melatih seseorang dalam pengontrolan emosi karena di dalam bidang ini, mereka percaya bahwa apapun yang terjadi, the show must go on! Baik pembicara tersebut sedang dalam masalah atau belum siap tampil, audiens tetapi mengharapkan yang terbaik dan inilah yang membuat kemampuan pengontrolan emosi terasah.

Kemampuan Bersosialisasi

Tidak akan ada public speaker yang berhasil tanpa dukungan audiens, dan untuk mendapatkan dukungan tersebut, pembicara tentu perlu bersosialisasi dengan baik dan terbuka. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak pendekatan seperti aktif dalam organisasi kampus atau kelompok eksternal (bukan sekedar mendaftar yaa), dan pastinya aktif dalam organisasi tersebut sebagai pengurus dan volunteer. Jangan kaget jika banyak perusahaan yang akan mengantri untuk mendapatkan kamu!

Bagaimana Jika Kamu Seorang Introvert?

Memiliki kepribadian introvert bukan berarti individu tersebut lemah, melainkan memiliki cara pandang dan berkomunikasi yang berbeda. Seorang introvert hanya perlu merasa nyaman dalam melakukan suatu hal, termasuk public speaking. Dengan bergabung dalam kelompok organisasi yang memiliki passion atau tujuan yang sama dan ditambah dorongan teman-teman disekitarnya, kamu tidak akan jauh berbeda dengan temanmu yang ekstrovert!

Buktinya? Saya sendiri, seorang introvert yang berhasil mendapatkan sertifikasi public speaking nasional, dan membawa nama Indonesia hingga ke mancanegara sejak zaman kuliah. Ya, saya sebelumnya adalah seorang introvert, dan masih memiliki sisi itu hingga sekarang! Tetapi ingat ya, proses ini bukan seperti membalikkan halaman buku. Perlu adanya kerja keras dan keinginan yang tinggi untuk bisa mencapai kesuksesan yang kamu idamkan!

Untuk mencapai kesuksesan di era yang serba kompetitif ini, selain kerja keras dan niat baik, kemampuan soft skill menjadi salah satu faktor penting. Public speaking bukanlah aktivitas yang didesain bagi kalangan pemimpin negara atau selebriti lagi, melainkan menjadi kemampuan pendukung yang direkomendasikan bagi banyak orang.

Ingat, kesempatan selalu terbuka jika kita ingin belajar. Raih setiap pintu yang terbuka, karena kamu tidak pernah tahu kemana pintu tersebut akan membawa nasibmu!

Siapa tahu dengan kemampuan ini, selain mendapatkan tempat di perusahaan impianmu, kamu bisa mengharumkan nama Indonesia di mata dunia melalui kesempatan yang ada!

Author :

Kirti Sharma, S.Ikom, CPS®. Certified Public Speaker, Trainer, Writer & Young Lecturer ; 4 Best Speakers in Asian Pasific ; 9 Best Speakers Between Indonesia, East Malaysia and Brunei ; 16 Best Speakers of Asia. Email : kirtipsharma5@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *