Generasi Millennial, Generasi Berkarya…

Generasi Millennial, Generasi Berkarya…

Saya selalu ingat pesan Bung Karno “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”. Setiap saya dengar pidato Bung Karno, Semangat Nasionalisme dan berjuang selalu berkobar. Pidato tersebut menunjukan peran pentingnya pemuda bagi kemajuan suatu bangsa. Jangan pernah kita lupa kalau Indonesia bisa merdeka dimulai dari keberanian para pemuda dalam peristiwa Rengasdengklok…Bagaimana dengan Generasi Sekarang?

Generasi Sekarang, identik dengan sebutan GEN Y atau Generasi Millenials, apa sih Generasi Millennials itu?

Generasi Millennials adalah Generasi yang lahir dalam rentang tahun 1980 hingga awal tahun 2000. Generasi ini tumbuh dan berkembang sekarang dizaman era yang canggih dengan kecepatan teknologi dan akses informasi yang sangat mudah didapat hanya dengan sentuhan via layar smartphone. Generasi millennials juga punya banyak keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya.,Sangat berbeda dengan generasi dahulu, baik dari segi semangat, motivasi, pekerjaan dan idealisme. Generasi Millennial memiliki ciri khas anak muda yang aktif dan menyukai tantangan dalam mewujudkan mimpinya, mereka bekerja bukan hanya untuk mencari uang, namun proses belajar untuk mencari pengetahuan, pengalaman, relasi dan kesempatan. Generasi Millennials selalu mencari hal-hal yang disukainya (passion) dan berani beda dengan orang lain.

Positifnya, Generasi Millenials akan semakin dipermudah dalam mendapatkan informasi, jika digunakan dengan baik, akan menghasilkan pikiran kreatif dan aktif dalam berbagai kegiatan. Mereka akan semakin tertantang dalam mencapai mimpi mereka dengan cara kreatif, ingin berbagi dengan sesama dengan cara unik, contohnya lahirnya berbagai aplikasi yang sangat mempermudah kehidupan sehari-hari.

Yap betul..segala informasi mudah didapat hanya dengan sekali klik di internet, sebagai contoh, untuk menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan, tinggal duduk manis dan buka handphone, sekali klik langsung dijemput ditempat oleh Ojek Online. Ketika Lapar dikantor? Tinggal Memesan pilihan menu makanan di Aplikasi Berry Kitchen, kamu tinggal duduk manis dan tinggal menunggu kiriman nya akan datang menuju kantor kamu…Mudah sekali Bukan…? Jika ingin belanja, tidak harus keluar rumah menggunakan kendaraan, Tokopedia siap mengantarkan barang pesenan kamu

Negatifnya, Jika Gen Y tidak memanfaatkan teknologi dengan baik, maka akan dikendalikan oleh teknologi, Istilahnya Generasi Menunduk, aktif bermain gadget seharian tanpa memikirkan lingkungan sekitar atau biasa disebut unsos, update status hanya untuk tujuan eksis serta mengharapkan banjir pujian/riya, dan yang paling parah adalah fenomena social climber, dimana seseorang ingin terlihat kaya di media sosial dan berbanding terbalik dengan kehidupan nyata.

Generasi Berkarya

Sampai kapan kita selalu jadi follower yang menjadi pengikut dan pengguna produk (konsumen)? Maukah kita menjadi pemain utama (aktor) sebagai pencipta produk, yang karya nya bisa dinikmati banyak orang?

Yang membedakan kamu dengan yang lainnya adalah “Karya”. Seharusnya Gen Y bisa memanfaatkan potensi Iptek dalam menciptakan karya baru. Karya bisa dalam berbagai macam bentuk, seperti aplikasi, karya tulis maupun pemikiran/ide yang menjadi sebuah aksi nyata. Karya yang unik dan membedakan kamu dengan yang lain. Sebagai Contoh, Jika kita berbicara tentang Ridwan Kamil, apakah kata yang cocok untuk menggambarkan beliau?…Bandung, Walikota, Humoris, Arsitek, Kreatif, UC Barkeley, Taman Jomblo….dan masih banyak lagi…

Pakde Jokowi identik dengan blusukan, pengusaha kayu, Walikota Solo, Gubernur Jakarta, dan masih banyak lagi…

Al Fatih Timur (Timmy) Identik dengan Founder Kitabisa.com – Crowfunding ;  Sociopreneur.

Ketiga tokoh tersebut memiliki keidentikan yang melekat dan hasil jerih payah mereka untuk sesama, karya mereka dinilai dan dihargai oleh masyarakat dan terciptalah berbagai karya untuk kepentingan orang banyak.

Bagaimana dengan kamu?apakah kamu sudah “berbeda” dengan orang lain atau masih biasa-biasa saja.

Leadership dan Public Speaking

Setiap kali saya sharing sebagai narasumber, Saya selalu menjelaskan bahwa Generasi Millennials sekarang banyak menghadapi tantangan berat, baik dari segi internal maupun eksternal. Tantangan eksternal berupa persaingan teknologi, produk dan pekerjaan yang semakin ketat, bersaing dengan ekspatriat didalam negeri. Untuk di wilayah ASEAN, Indonesia masih memiliki Indeks rendah dalam hal kemajuan teknologi dibandingkan Singapura dan Malaysia. Tantangan internal berupa faktor yang berasal dari dalam diri sendiri, seperti kurangnya rasa percaya diri (minder) dan tidak mau belajar dalam hal baru karena zona nyaman dan ingin meraih sesuatu dengan instan. Hal ini dapat diatasi dengan peningkatan kapasitas dan keahlian terkait Leadership dan Public Speaking.

Generasi Millennials harus bisa membuktikan dengan karya nyata yang berkualitas dan menunjukan kapasitas dirinya, ikut ambil peran agar bisa berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Bukankah, manusia yang paling baik adalah manusia yang bermanfaat dengan sesamanya?. Hidup hanya sekali, jangan sampai ketika kita sudah masuk kedalam liang lahat, tidak ada karya” kebaikan yang bisa kita tinggalkan dan berguna bagi masyarakat umumnya…

“So….Wahai Millennials…Mau menjadi Orang yang biasa atau berbeda?”

Yuk Generasi Millenials…Berani berbeda dengan Berkarya!

 

Author :

Pardi Pay Pemuda asal Sukabumi yang lulus dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP). Penggiat Sosial dan Co-Founder dari Youth For Climate Change Indonesia (YFCC Indonesia), Platform Pemuda yang fokus terhadap edukasi lingkungan dan perubahan iklim di Indonesia. Saat ini penulis sedang melakukan pembangunan di Desanya, Desa Cikadu Palabuhanratu . Penulis merupakan Duta Earth Hour Tangerang, Mentor Socioproject Indonesia Youth Action (IYA), dan Inisiator International Youth Forum On Climate Change and Sutainability Development (IYFCCSD) Kemenpora. Menyukai Isu Youth Empowering, Volunteering, Leadership, Public Speaking dan Environment. Penulis dapat dihubungi melalui No HP 085693346501.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *