Setelah Lulus Jadi Pegawai? Yakin?

Setelah Lulus Jadi Pegawai? Yakin?

RumahMillennials.com | “Kalau sudah lulus, ingin kerja dimana?” Tidak jarang pertanyaan tersebut terlontar dari orang – orang di sekitar. Jika sudah lulus, sudah menjadi kewajiban bagi seorang mahasiswa untuk bekerja, dan menjadi seorang pegawai. Apakah seorang mahasiswa berkuliah dalam rentang 3 – 5 tahun dipersiapkan untuk menjadi seseorang dengan mental pegawai?

Bukan sistem edukasi Indonesia yang patut disalahkan. Dalam kurikulum di hampir setiap perguruan tinggi dan semua fakultas, diberlakukan mata kuliah wajib ‘kewirausahaan.’ Pemerintah pun mendukung masyarakat untuk merintis bisnis baik dalam skala mikro maupun makro dengan program kemitraan UMKM yang memberikan bantuan dana maupun pelatihan untuk pengembangan usaha ke arah yang lebih baik.

Tidak perlu saling menyalahkan, kita sebagai generasi millennial, generasi yang kelak akan menjadi penerus bangsa, harus mulai mengubah mindset yang selama ini ditanamkan bahwa setelah lulus kita harus bekerja menjadi pegawai. Mengapa kita di era digital saat ini tidak mengambil peluang untuk membangun lapangan pekerjaan bagi orang lain?

Mengambil satu langkah besar yang penuh resiko. Jangan khawatirkan resiko itu. Saat ini, banyak investor yang bersedia untuk berinvestasi pada ide – ide anda, dan banyak pergerakan komunitas dimana anda bisa berbagi cerita, mendapat insight, dan mencari rekan kerja. Mohon maaf, kekhawatiran anda saat ini invalid.

Mematahkan mindset menjadi pegawai adalah sebuah tantangan besar, namun dampaknya akan luar biasa. Sebagai generasi millennial, anda tentunya ingin kreativitas dan ide – ide anda dapat diaplikasikan. Terpenjara dalam kantor yang membuat anda seperti berlari dalam sebuah roda putar. Jika anda memulai start up? Anda seperti mengangkut batu besar di jalan menanjak. Namun, ketika anda mencapai puncak. Ya, bayangkan saja anda berada di puncak.

Dengan membangun start up anda juga telah berkontribusi untuk perekonomian Indonesia yang lebih baik. Mengapa? Sebelum pasar potensial diambil alih oleh pihak asing, anda telah menciptakan peluang kerja bagi masyarakat.

Generasi Millennial, siapkah kamu untuk mematahkan mindset ‘lulus jadi pegawai’ dan mulai melakukan pergerakan untuk Indonesia yang lebih baik dari sisi perekonomian?

Ellysabeth Ratih Dwi Hapsari W.
(Mahasiswi Ilmu Komunikasi UNDIP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *