Apakah Millenials Membaca?

Apakah Millenials Membaca?

RumahMillennials.com | Di jaman yang serba moden ini, bukan menjadi hal yang susah untuk mendapatkan bahan yang kita baca. Informasi sangatlah mudah untuk kita dapatkan, bisa melalui koran yang berupa media cetak maupun media online yang dapat kita buka dari laptop maupun dari smartphone kita.

Kebanyakan orang dewasa (yang bukan generasi millennials pastinya) berasumsi bahwa generasi millenials adalah generasi yang malas membaca buku. Pertanyaannya apakah itu benar?

Menurut penelitian dari McKinsey di U.K. mencatat bahwa rata-rata orang menkonsumsi 72 menit membaca berita dalam satu hari, dibandingkan pada tahun 2006 hanya 60 menit. Peningkatan tersebut disebabkan oleh orang-orang yang berumur dibawah 35 tahun.
Bagi millennials membaca mungkin bukan sebuah prioritas, tetapi millennials lebih banyak membaca daripada generasi yang lebih tua.

Milenials hanya membaca informasi, jadi mereka membaca dengan tujuan dan sangat baik dalam scanners. Berdasarkan sebuah study dari Media Insight Project, sebuah kolaborasi dari American Press Institute dan Associated Press-NORC Center for Public Affairs Research sebanyak 85% dari millennials hanya mengikuti berita atau informasi yang penting bagi mereka saja.Hal ini sebenarnya merupakan hal yang menguntungkan bagi para marketers. Karena dengan mengetahui informasi apa yang sering dibaca oleh millennials, seorang marketers akan lebih mudah untuk membawa mereka ke konten yang lebih dalam.
Selain itu , Millennials dapat dengan mudah membaca informasi secara visual dalam satu waktu, maka sangat penting untuk memberikan informasi yang atraktif dan mudah dicerna. Hal ini yang membuat design yang bagus merupakan aspek penting. Pembaca yang lebih tua cenderung untuk memilih design yang buruk dan fokus pada arti dari informasi yang mereka baca. Sementara millennials akan fokus pada bagaimana penampilan dari informasi yang akan mereka baca.

Jadi, pernyataan generasi tua tidak sepenuhnya benar. Karena generasi millennials tidak sepenuhnya malas membaca. Hanya, yang mereka baca mungkin tidak sama dengan generasi tua. Generasi millennials cenderung pemilih dalam membaca informasi yang mereka baca.

Dan sebagai generasi millennials yang baik, janganlah anda menutup mata dan telinga dari informasi yang terjadi di sekitar anda. Berikanlah perubahan untuk Indonesia dengan membaca informasi lebih banyak. Selamat membaca!

Ellysabeth Ratih Dwi Hapsari W.
(Mahasiswi Ilmu Komunikasi UNDIP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *